Penyekatan ini dilakukan guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan, terutama bentrokan antarpendukung tim, maupun kemacetan arus lalu lintas di pusat kota karena konvoi para pendukung."
Ambon (ANTARA News) - Personil Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease melakukan penyekatan pada beberapa tempat di Kota Ambon menjelang laga antara Belanda melawan Chile di Piala Dunia 2014, pada Selasa dinihari.

Antara Ambon yang melakukan pemantauan Senin malam, melaporkan, warga di ibu kota provinsi Maluku yang umumnya merupakan pendukung tim sepakbola Belanda mulai turun ke jalan-jalan utama untuk melakukan konvoi jelang pertandingan antara kedua kesebelasan guna menentukan peringkat di grup B tersebut.

Warga turun ke jalan menggunakan sepeda motor maupun mobil dengan membawa berbagai atribut tim Belanda seperti berkaos orange dan melukis bendera tim di bagian wajah, hingga membawa bendera berbagai ukuran.

Sebagian sepeda motor malah telah dimodifikasi dan dihiasi atribut tim kesayangan mereka, termasuk melepas saringan knalpot, sehingga suara kendaraannya meraung-raung dan memekakkan telinga.

"Kami yakin para pemain Belanda akan tampil percaya ciri dan mengalahkan Chile, dan tampil sebagai juara grup B," kata Semmy, warga Kelurahan Batu Meja, Kota Ambon.

Selain konvoi, para pendukung fanatik Tim Belanda juga melakukan balap liar di beberapa ruas jalan, dan akhirnya dibubarkan aparat kepolisian.

Di beberapa kawasan yang menjadi basis tim Belanda, para pendukungnya berpesta dengan memutar lagu menggunakan pengeras suara, sehingga suasana terlihat semarak menyambut laga penentu juara Grup B tersebut.

Guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan terutama bentrok antar para pendukung, aparat kepolisian melakukan penyekatan di beberapa lokasi, seperti di kawasan Lampu Lima, Tantui dan pertigaan kawasan Batu Gantung-Air Salobar dan Kudamati.

Di dua kawasan tersebut, terlihat satu mobil truk milik polisi dibentangkan untuk menutup sebagian ruas jalan, dan aparat kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap pengguna kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut.

"Penyekatan ini dilakukan guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan, terutama bentrokan antarpendukung tim, maupun kemacetan arus lalu lintas di pusat kota karena konvoi para pendukung," ujar beberapa personil polisi.

Berdasarkan pantauan, suasana kota Ambon jelang laga antara Belanda melawan Chile, tampak semarak dan dipenuhi warna oranye yang digunakan para pendukung tim Belanda. (*)

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014