Brasil (ANTARA News) - Banyak pihak menilai Xavi Hernandez akan melakoni laga terakhir bersama Spanyol ketika melawan Australia, Senin pukul 23.00 WIB, (23/6). Begitu juga dengan David Villa, Xabi Alonso, Fernando Torres, dan Pepe Reina.

Penampilan Spanyol di Brasil berakhir anti-klimaks ketika harus angkat kaki dari piala dunia hanya dengan menjalani dua pertandingan. Padahal skuat Spanyol kali ini tidak jauh berbeda ketika mereka memenangi Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012. Juara bertahan itu dikalahkan Belanda dan Chile di Grup B.

Sasaran atas kekalahan itu jelas pelatih tim, Vicente del Bosque. Del Bosque dinilai terlalu bergantung pada pemain-pemain veteran. Baru-baru ini laporan mengatakan bahwa Xavi, 34, telah setuju untuk pindah dari Barcelona ke klub Qatar, Al Arabi. Rumor kepindahaan itu menjadi tanda bahwa Xavi sebenernya tidak memenuhi standar piala dunia.

Sementara menurut laporan AS, Xavi tidak akan bermain melawan Australia karena masalah cedera.

"Xavi tidak akan bermain, dia mendapat sedikit masalah ketika latihan." kata Del Bosque dilansir di ESPN. "Untuk Xavi bermain lebih atau kurang tidak membuatnya diakui. Dia pemain yang paling banyak berlari melawan Belanda."

Del Bosque menabahkan, "Ketika kami mengenyam kekalahan, setiap orang ingin kami melakukan revolusi.  Saya percaya orang harus mengaca pada diri mereka sendiri. Siapa pun yang tak mengenali Xavi ketika berseragam Spanyol sebaiknya pergi tidur."

Walaupun demikian, pemilik 133 penampilan bersama Spanyol ini belum mengonfirmasi perihal pensiun. Sementara Villa, 32, yang mengoleksi 56 gol di 95 penampilannya sejauh ini telah lebih dahulu mengumumkan akan pensiun dari timnas sebelum Piala Dunia berlangsung.

Kiper Iker Casillas yang melakukan kesalahan di dua pertandingan Spanyol dikabarkan akan pensiun. Tetapi kiper Real Madrid berumur 33 tahun ini membantah dan mengaku belum memutuskan masa depannya.

Begitu pula dengan rekan Casillas, Alonso yang baru-baru ini mengatakan Spanyol tidak menyiapkan fisik dan mental mereka, juga belum menentukan masa depannya bersama La Roja.

"Saya belum selesai," kata pemilik 113  penampilan bersama Spanyol, Alonso. "Yang saya inginkan yakni cepat berakhir, pergi berlibur. Karena semua ada waktunya. Ini bukan waktu yang tepat."

Del Bosque telah mengonfirmasi bahwa kiper Liverpool, Reina akan dimainkan pada laga melawan Australia di Curitiba. Begitu juga dengan Villa, Juanfran Torres, Juan Mata, dan Raul Albiol yang belum pernah bertanding di kompetisi ini. Sementara di lini tengah, Andres Iniesta akan dimainkan dan menggenapi laga ke-100 bersama Spanyol, demikian ESPN.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014