Brasil (ANTARA News) - Asisten pelatih Kosta Rika Paulo Wancope percaya timnya masih bisa menunjukkan tren positif ketika menghadapi Inggris yang sudah tereliminasi pada Selasa pukul 23.00 WIB (24/6).

Kosta Rika dipastikan lolos ke putaran selanjutnya dengan mengoleksi poin maksimal (enam poin) di dua pertandingan awal. Los Ticos hanya tinggal menunggu hasil antara Uruguay dan Italia yang akan saling berhadapan di Natal (24/6). Uruguay dan Italia sama-sama mengoleksi tiga poin.

Wanchope yang pernah bermain di Inggris delapan tahun bersama Derby Country, West Ham dan Mancheser City, ingin menumbuhkan mental juara di benak anak asuhnya agar dapat melaju ke babak selanjutnya dengan lebih percaya diri.

"Kami harus mengaskan kembali apa yang telah kami lakukan sampai sekarang dengan permainan defensif, penguasaan bola, dan menciptakan peluang," kata Wanchope yang bermain dan mencetak gol di piala dunia 2002 dan 2006.

"Kami harus melanjutkannya agar kami bisa memberikan yang lebih lagi."

Kosta Rika hanya butuh satu poin untuk berada di puncak klasemen Grup D untuk menghidari kemungkinan bertemu dengan Kolombia di babak 16 besar.

Jorge Luis Pinto akan membuat beberapa perubahan di timnya dengan menyimpan pemain kunci namun tetap memainkan satu penyerang berbahaya di lini depan. Joel Campbell dan Bryan Ruiz dikabarkan akan mendapat jatah istirahat itu.

Sementara Roy Hodgson akan memanfaatkan laga ini dengan menurunkan pemain muda seperti bintang Southampton Luke Shaw dan Everton Ross Barkley.

Walaupun demikian, Wanchope akan tetap wasapada akan penampilan Inggris karena baru pertama kali dieliminasi di piala dunia dari putaran grup sejak 1958.

"Inggris mempunyai pemain-pemain bagus dan saya tahu mereka tidak akan menodai kebanggan mereka dengan pergi tanpa mendapat poin. Mereka akan melakukan apa pun," tambahnya kepada AFP.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014