...cerminan bahwa pasar itu didorong oleh kompetisi memperebutkan karya besar dari pelukis terkenal.
London (ANTARA News) - Lukisan Claude Monet yang berjudul "water lilies" terjual hampir senilai 32 juta poundsterling atau setara Rp652 miliar dalam sebuah acara pelelangan di London, Senin.

"Water lilies" menjadi lukisan Monet termahal kedua, demikian perusahaan pialang karya seni Sotheby's menyatakan. Dalam acara pelelangan pada Senin, sebanyak 46 karya seni impresionis dan modern terjual dengan nilai 122 juta poundsterling.

Helena Newman, kepala departemen seni impresionis dan modern di Sotheby's, mengatakan bahwa hasil itu "sesuai dengan perhitungan maksimal."

Pelelangan "water lilies" yang dilukis dengan format bujur sangkar pada 1906 itu berlangsung selama 10 menit dan melibatkan sejumlah pembeli dari Asia, demikian Sotheby's menyatakan.

Pada saat-saat terakhir, setiap tawaran akan membuat harga "water lilies" naik 250.000 poundsterling atau sekitar Rp5 miliar sampai ke harga final yaitu 31,7 juta poundsterling.

Sotheby's sendiri pernah menawarkan lukisan "water lilies" pada tahun 2010 namun pada saat itu gagal mencapai harga yang diharapkan. Newman mengatakan bahwa keberhasilan penjualan pada tahun ini mengindikasikan fakta bahwa penilaian awal lukisan Monet dilakukan secara lebih realistis--meskipun hasil akhirnya tetap sangat mahal.

Menurut direktur senior departemen lukisan impresionis dan modern Sotheby's, Philip Hook, kerelaan para pembeli untuk merogoh dalam-dalam koceknya demi sebuah lukisan adalah "cerminan bahwa pasar itu didorong oleh kompetisi memperebutkan karya besar dari pelukis terkenal."

Lukisan lain yang terjual dengan harga mahal di acara lelang pada Senin adalah "Compisition with Red, Blue and Grey" karya Piet Modran dengan harga senilai 15,2 juta pounds atau sekitar Rp300 miliar. Angka itu masih kurang dari perhitungan maksimal Sotheby's yang memperkirakan lukisan akan terjual sekitar 18 juta pounds.

Sebagian besar karya seni yang ditawarkan--termasuk di antaranya lukisan dari Sisley, Picasso, dan Kandinsky, terjual dengan harga yang mendekati perkiraan maksimal dari Sotheby's.
(G005)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014