Apabila anda memiliki mental dan karakter yang benar, anda melakukan sesuatu dengan benar, bekerja sekeras mungkin demi menjadi pemain terbaik..."
Belo Horizonte, Brasil (ANTARA News) - Kekayaan yang didapatkan dari sepak bola telah mengurangi hasrat sejumlah pesepak bola untuk tampil membela timnas Inggris, kata kapten Steven Gerrard, sementara negaranya menjilati luka yang belum kering akibat tersingkir dari putaran final Piala Dunia.

Gerrard mengatakan betapa cepatnya sepak bola dapat mengubah seorang remaja menjadi jutawan "telah berpengaruh terhadap sejumlah individual".

"Bagi mereka yang menginginkan uang, ketenaran dan segala hal dari sepak bola, tentu itu akan menimbulkan pengaruh," kata ia dalam sesi wawancara dengan BBC jelang laga pamungkas mereka di Piala Dunia 2014 melawan Kosta Rika, Selasa.

Lembaga konsultan Deloitte baru-baru ini merilis laporan bahwa pesepak bola yang berlaga di Liga Utama Inggris memiliki penghasilan rata-rata sebesar 1,6 juta poundsterling per tahun dan gaji mereka akan terus bertambah seiring peningkatan nilai mereka.

"Apabila anda memiliki mental dan karakter yang benar, anda melakukan sesuatu dengan benar, bekerja sekeras mungkin demi menjadi pemain terbaik, namun kami membutuhkan lebih banyak pemain semacam ini," kata Gerrard.

Gerrard bersikeras meskipun catatan Inggris di Brasil terburuk sejak edisi 1958 lalu, namun ke-23 pemain di skuat mereka memiliki "kehausan dan hasrat" untuk meraih kesuksesan.

"Sekarang kami tidak berada dalam posisi yang kuat. Manajer dan para pemain butuh bantuan karena tim yang kami pilih ini tidak bisa lebih kecil lagi dari sekarang, dan selaiknya membesar."

"Kami harus bisa mencapai keseimbangan sebagai liga terbaik di dunia sembari memperluas pilihan pemain yang akan dibawa pelatih Inggris kini maupun di masa yang akan datang," katanya.

Inggris menelan kekalahan dari Italia dan Uruguay di Grup D, tersingkir dari putaran final Piala Dunia bahkan sebelum menyelesaikan seluruh jadwal di babak penyisihan grup.

Di tengah saling lempar tanggung jawab atas penampilan buruk itu, pelatih Queens Park Rangers Harry Redknapp sempat mengatakan bahwa saat ia menangani Tottenham Hotspurs beberapa pemain muda meminta kepadanya untuk membantu menghindari panggilan timnas Inggris, demikian AFP. (*)

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014