Jakarta (ANTARA News) - Kolombia melesat kencang selama fase penyisihan grup Piala Dunia 2014 dengan menutup laga pamungkas mereka di Grup C melibas Jepang 4-1, melengkapi catatan sapu bersih tiga kemenangan di tiga laga.

Ketika Kolombia berjaya di Cuiaba, Yunani mendapatkan sentuhan tangan dewi keberuntungan saat memastikan menyusul sebagai wakil Grup C di babak 16 Besar lewat eksekusi penalti di penghujung laga melawan Pantai Gading yang berakhir 2-1 di Fortaleza.

Kolombia yang mengemas sembilan poin memuncaki klasemen, sementara Yunani lolos dengan koleksi empat poin dan uniknya selisih gol defisit dua gol lantaran dihajar Kolombia 3-0 pada laga pertama.

Pada babak 16 Besar Kolombia akan menghadapi sesama negara Amerika Selatan, Uruguay, yang susah payah lolos dari Grup D dengan menempati peringkat dua setelah mengalahkan raksasa Eropa, Italia.

Sementara Yunani akan menguji keberuntungannya saat berhadapan dengan juara Grup D Kosta Rika, yang sejauh ini telah menciptakan kejutan dengan mengalahkan Italia dan Uruguay.

Tim lain di Grup C, Pantai Gading yang sebetulnya berkesempatan memastikan tempat di babak gugur bila saja berhasil mempertahankan kedudukan imbang melawan Yunani, kembali tepekur menerima kenyataan kembali terhenti di babak penyisihan grup dalam penampilan ketiga mereka pada putaran final Piala Dunia.

Pantai Gading berada di peringkat ketiga, mengoleksi tiga poin hasil dari mengalahkan juru kunci, Jepang, yang mengikuti jejak wakil zona Asia lainnya, Australia, undur diri dari Brasil.

Capaian Kolombia ini merupakan kali kedua negara penghasil kopi tersebut, setelah edisi 1990.

Selain itu, keberhasilan mereka menyapu bersih tiga laga penyisihan grup menjadi catatan apik setelah pada  tiga edisi lalu absen dari ajang sepak bola terbesar sejagad itu.

Kolombia merupakan tim kedua yang menyapu bersih tiga laga penyisihan grup Piala Dunia 2014, setelah Belanda melakukannya di Grup B.

Kosta Rika yang sempat berpeluang menorehkan catatan serupa, harus puas menutup fase grup dengan raihan tujuh poin saja lantaran ditahan imbang Inggris di laga terakhir.

Sementara itu tiga negara lain, Prancis, Argentina dan Belgia berpeluang untuk mengikuti jejak Kolombia dan Belanda.

Berikut hasil lengkap dan klasemen akhir Grup C Piala Dunia 2014 berdasarkan laman resmi FIFA.

Kolombia 3 - Yunani 0
Pantai Gading 2 - Jepang 1
Kolombia 2 - Pantai Gading 1
Jepang 0 - Yunani 0
Kolombia 4 - Jepang 1
Yunani 2 - Pantai Gading 1

Klasemen akhir (tim, main, menang, seri, kalah, selisih gol, poin)

Grup C

Negara M S K SG Poin
Kolombia 3 0 0 7 9
Yunani 1 1 1 -2 4
Pantai Gading 1 0 2 -1 3
Jepang 0 1 2 -4 1

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014