Jakarta (ANTARA News) - Indonesia menjadi mitra utama untuk keikutsertaan "rAsia.com Innovation Forum" di Moskow, Rusia, pada 26-27Juni 2014.

Keterangan pers yang diperoleh dari Kedutaan Besar RI di Moskow, Rabu, menyebutkan forum tahunan sejak 2012 itu merupakan ajang pertemuan perwakilan-perwakilan sejumlah perusahaan besar di Rusia dan beberapa negara lain serta para ahli di bidang teknologi multimedia.

"rASIA.com" merupakan perusahaan yang didirikan oleh Alexander Shulgin bergerak dalam bidang teknologi multimedia dan hiburan.

Shulgin merupakan seorang penyanyi dan komposer terkenal Rusia yang telah banyak menciptakan karya-karya yang populer di Rusia serta di beberapa negara lain dan mengikuti program "Presidential Friends of Indonesia" pada 2013.

Tujuan utama pembentukan "rASIA.com Innovation Forum" ini adalah untuk mencari pemahaman yang sama antaraparapeserta mengenai perkembangan-perkembangan yang akan terus terjadi di bidang multimedia dan strategi-strategi bisnis yang diperlukan untuk mengantisipasi perkembangan inovasi multimedia dan teknologi terkait multimedia.

Untuk 2014, "rASIA.com Innovation Forum" menggandeng Indonesia sebagai negara mitra utama dalam forum yang akan mengambil tema Indonesia dan prospek-prospek bisnis di Indonesia. Tema yang akan diusung adalah "Doing Bussiness with Indonesia".

Keikutsertaan Indonesia diwakili oleh beberapa kalangan dari dunia teknologi media, seperti Aulia Halimatussadiah atau yang dikenal dengan panggilan Ollie - seorang Web Developer sekaligus pengusaha dan Pendiri situs online "nulisbuku.com" - yang akan menjadi pembicara sebagai wakil dari "young entrepreneur" Indonesia dan berbicara mengenai peran wanita dan teknologi di era modern.

Arief Setiawan, salah satu mahasiswa Indonesia di Rusia, juga akan mengusung tema mengenai perkembangan blogging yang berkembang pesat di Indonesia.

Selain itu, juga hadir sebagai pembicara, Rizal A. Djaafara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia untuk Eropa dan Afrika di London.

Lalu, Meyer Siburian, Direktur Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) di London dan Duta Besar RI untuk Federasi Rusia Djauhari Oratmangun.

Dalam rangkaian "rASIA.com Innovation Forum" juga diselenggarakan "rASIA.com Festival" yang diikuti oleh penyanyi dan pemusik dari berbagai negara antara lain Rusia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan Inggris.

Dalam kesempatan itu akan ditampilkan juga 10 lukisan karya Elsiwi Handyani Oratmangun atau Wiwik, istri Duta besar RI untuk FederasiRusia. Lukisan Wiwik yang ditampilkan dalam forum ini mengambil tema "Happiness" yang merupakan perpaduan antara keindahan alam Indonesia dan Rusia.

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014