Jakarta (ANTARA News) - Dua tim yang mewakili zona Eropa, Prancis dan Swiss, sukses melewati tantangan di Grup E untuk melenggang ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014 Brasil.

Prancis, sudah lebih dulu memastikan tempatnya di babak gugur setelah menang dengan perkasa pada dua laga awal mereka 3-0 atas Honduras kemudian dilanjutkan hujan gol 5-2 menghadapi Swiss.

Sayang mereka gagal memenangi laga terakhir melawan Ekuador, padahal kapten tim lawan Antonio Valencio sudah diusir wasit dari lapangan sejak menit 50.

Keperkasaan Alexander Dominguez di bawah mistar gawang Ekuador membuat laga berakhir dengan skor 0-0 dan gagal mengikuti jejak sapu bersih Belanda, Kolombia dan Argentina, meski tetap menutup fase grup di posisi puncak dengan tujuh poin.

Swiss, menyusul Prancis dengan memenangi laga pamungkas mereka di Grup E, 3-0, melawan Honduras yang ditopang penuh oleh trigol gelandang serang Bayern Munchen, Xherdan Shaqiri.

Shaqiri menjadi pemain kedua, setelah rekan setimnya di Muenchen Thomas Mueller, yang mencetak trigol pada Piala Dunia 2014.

Kemenangan itu membuat Swiss mengakhiri fase grup di peringkat kedua dengan koleksi enam poin, setelah menang 2-1 atas Ekuador pada laga pertama sebelum selanjutnya kalah dalam laga hujan gol 2-5 dari Prancis.

Pada babak 16 Besar, Prancis akan berhadapan dengan runner up Grup F Nigeria di Brasilia, sedangkan Swiss harus meladeni salah satu tim tradisional unggulan turnamen, Argentina, di Sao Paulo.

Sementara Ekuador, menjadi satu-satunya dari enam negara wakil zona Amerika Selatan yang gagal melangkah ke 16 Besar, setelah hanya memperoleh tiga poin dari kemenangan 2-1 melawan Honduras di laga kedua.

Lima negara Amerika Selatan lainnya Argentina, Chile, Kolombia, Uruguay dan tuan rumah Brasil sukses melangkah ke babak gugur.

Sedangkan Honduras, sejauh ini menjadi wakil zona CONCACAF (Amerika Tengah dan Utara) yang tersingkir dari Brasil. Mereka menutup fase grup tanpa meraih satu poin pun lantaran menderita tiga kekalahan.

Dua wakil CONCACAF lain, Kosta Rika dan Meksiko, lolos ke babak 16 Besar berturut-turut sebagai juara Grup D dan runner up Grup A.

Satu negara wakil CONCACAF lainnya, Amerika Serikat, berpeluang besar melangkah ke 16 Besar dan hanya membutuhkan hasil imbang melawan Jerman di Recife Kamis malam WIB.

Berikut hasil lengkap dan klasemen akhir Grup E berdasarkan laman resmi FIFA.

(15 Juni) Swiss 2 - Ekuador 1
(15 Juni) Prancis 3 - Honduras 0
(20 Juni) Prancis 5 - Swiss 2
(20 Juni) Ekuador 2 - Honduras 1
(25 Juni) Swiss 3 - Honduras 0
(25 Juni) Ekuador 0 - Prancis 0


Klasemen akhir Grup E (tim, main, menang, seri, kalah, selisih gol, poin)

NegaraMain
MS
K
SG
Poin
 Prancis321067
 Swiss320116
 Ekuador311104
 Honduras3003-70

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014