Bogor (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, dalam waktu dekat akan meluncurkan Mobil Curhat hasil kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Mobilnya sudah ada, tinggal pelaksanaannya yang akan dioperasikan Juli nanti," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat ditemui dalam acara Deklarasi Keluarga Indonesia di Kebun Raya Bogor, Kamis.

Bima menjelaskan, Mobil Curhat atau mobil anti galau tersebut melayani curahan hati warga Kota Bogor terkait masalah keluarga.

Layanan dalam Mobil Curhat tersebut multi disiplin, ada terkait kesehatan keluarga, ekonomi dan juga gizi.

"Kita (Pemerintah Kota-red) bermitra dengan Fakultas Ekologi Manusia IPB yang memiliki ide untuk menghadirkan mobil Curhat ini," ujar Bima.

Menurut Bima, pihaknya telah berdiskusi lama dengan pihak IPB terkait program keluarga sejahtera bahagia.

Dalam diskusi tersebut tercetuslah ide untuk menghadirkan mobil Curhat.

Pada tugasnya, Mobil Curhat akan berkeliling menghampiri masyarakat, dan melayani keluhan seputar permasalahan keluarga dan juga gizi keluarga.

"Kota Bogor ini seperti prototipe, satelit nya ibu kota. Tingginya aktivitas warga Bogor membuat kualitas hubungan rumah tangga jadi berkurang, hal ini menyebabkan angka perceraian cukup tinggi," ujar Bima.

"Keluarga di Kota Bogor rentan dengan persoalan dalam rumah tangga, oleh karena itu hadirnya Mobil Curhat ini, dapat membantu masyarakat, menjadi tempat konsultasi dalam mengatasi persoalannya," ujar Bima.

Hadirnya Mobil Curhat di Kota Bogor, disambut baik oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014