Recife (ANTARA News) - Gol dari Thomas Mueller telah mengantar Jerman menjuarai Grup G dalam pertandingan yang berakhir 1-0 melawan Amerika Serikat di Pernambuco Arena, Recife, Kamis siang waktu setempat (Jumat dinihari WIB).

Mueller mencetak gol spektakuler dari luar kotak penalti pada menit 55, menyambut bola muntah tendangan Howedes yang mental setelah diblok kiper AS, Howard.

Berbeda dengan babak pertama, Jerman mengawali paruh waktu kedua dengan langsung menciptakan beberapa peluang lewat Schweinsteiger, Ozil, dan Miroslave Klose.

Barisan depan Jerman begitu gencar menyerang terutama setelah masuknya Miroslave Klose yang menggantikan Podolski pada menit 46.

Sebelum gol Mueller, Ozil dan Schweinsteiger sempat membuat gawang AS terancam, untung saja Beasley masih mampu menghadang serangan dua bintang Jerman itu.

Jerman nyaris menambah gol pada menit 79, kembali melalui Howedes, namun kiper Howard masih mampu menghadang bolanya.

Meski sudah berusaha dengan sekuat tenaga, tekanan-tekanan berbahaya AS melalui Bedoya dan Demspsey pada menit-menit akhir tidak juga membuahkan gol.

Tendangan keras Bedoya untuk menyelesaikan umpan silang Demsey, masih bisa diblok oleh Lahm yang datang dengan cepat dari depan.

AS kembali mencapatkan peluang pada menit 90, tapi sundulan Dempsey melenceng tipis di kiri gawang Jerman.

Dengan kemenangan tipis 1-0, Jerman mengukuhkan diri menjuarai Grup G, dan akan melenggang ke babak 16 besar didampingi Amerika Serikat.

AS tetap lolos ke babak selanjutnya meskipun kalah 0-1, karena gol Portugal dalam laga terakhir grup melawan Ghana tidak cukup untuk menggeser Dempsey dan kawan-kawan.

Kemenangan 2-1 Portugal atas Ghana tidak mengubah peluang Ronaldo dan rekan-rekannya yang harus pulang karena kalah selisih gol dari Amerika Serikat.  

Jerman menjuarai Grup G dengan poin 7 yang dihasilkan dari dua kali menang dan sekali imbang, AS di posisi kedua dengan nilai 4, sama dengan Portugal namun ia hanya kemasukan 4, tiga lebih sedikit.

Susunan pemain

Amerika Serikat: 1-Tim Howard; 3-Omar Gonzalez, 23-Fabian Johnson, 5-Matt Besler, 7-DaMarcus Beasley; 15-Kyle Beckerman, 4-Michael Bradley, 13-Jermaine Jones, 19-Graham Zusi, 14-Brad Davis; 8-Clint Dempsey.

Cadangan: 2-DeAndre Yedlin, 6-John Brooks, 9-Aron Johannsson, 10-Mix Diskerud, 11-Alejandro Bedoya, 12-Brad Guzan, 16-Julian Green, 17-Jozy Altidore, 18-Chris Wondolowski, 20-Geoff Cameron, 21-Timmy Chandler, 22-Nick Rimando.

Jerman: 1-Manuel Neuer; 20-Jerome Boateng, 5-Mats Hummels, 17-Per Mertesacker, 4-Benedikt Hoewedes; 7-Bastian Schweinsteiger, 16-Philip Lahm; 18-Toni Kroos, 8-Mesut Ozil, 10-Lukas Podolski; 13-Thomas Mueller.

Cadangan: 2-Kevin Grosskreutz, 3-Matthias Ginter, 6-Sami Khedira, 9-Andre Schuerrle, 11-Miroslav Klose, 12-Ron-Robert Zieler, 14-Julian Draxler, 15-Erik Durm, 19-Mario Goetze, 21-Shkodran Mustafi, 22-Shkodran Mustafi, 23-Christoph Kramer.

Wasit: Ravshan Irmatov (Uzbekistan).

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014