London (ANTARA News) - Manchester United telah merekrut gelandang Athletic Bilbao Ander Herrera dengan ikatan kontrak empat tahun, dan sedang menunggu penerimaan sertifikat transfer internasional, demikian diumumkan raksasa Liga Utama Inggris itu pada Kamis.

United mengatakan langkah ini hampir selesai setelah pemain 24 tahun itu memicu klausul "buy out" di kontraknya di Bilbao pada Selasa.

Pemain 24 tahun itu, yang bergabung dengan Bilbao dari Real Zaragoza pada 2011, pernah memperkuat timnas Spanyol di level U-20, U-21, dan U-23.

"Direkrut Manchester United merupakan impian yang menjadi kenyataan," kata Herrera pada situs resmi United.

"Saya pernah bermain di Old Trafford untuk Athletic Club pada Liga Europa UEFA dan sejauh ini hal itu merupakan salah satu hal besar dalam karier saya. Saya bergabung dengan United untuk melakukan semua yang sama mampu untuk membantu tim mencapai tujuan-tujuan klub."

"Setelah tiba pada Selasa, sekarang saya gembira untuk dapat hidup di Manchester dan saya tidak dapat menunggu untuk pertandingan pertama saya dalam balutan kaus merah United yang terkenal itu."

Ia menambahi, "Saya tidak akan pernah melupakan masa-masa saya dengan Athletic Club dan saya ingin berterima kasih kepada semua penggemar dan staf untuk semua dukungan mereka dan, di atas segalanya, mendoakan semua mantan rekan setim saya yang fantastis untuk semua yang terbaik bagi masa depan mereka."

Asisten pelatih United Ryan Giggs meramalkan masa depan yang cerah di Old Trafford untuk Herrera.

Ander merupakan pemain muda yang fantastis, dengan energi dan kreatifitas besar. Kami percaya ia akan menjadi salah satu prospek muda yang paling bersinar di Spanyol dan saya yakin ia akan memberi hantaman besar bersama para penggemar United."

"Saya senang ia telah membuat keputusan untuk datang ke Manchester dan memainkan perannya pada masa depan klub. Saya tidak sabar untuk melihat aksinya pada tur musim panas kami di Amerika."

United sebelumnya telah berusaha mendatangkan Herrera pada Agustus tahun lalu, namun gagal akibat situasi-situasi janggal pada hari terakhir bursa transfer.

Laporan-laporan mengatakan bahwa tiga orang, yang diyakini mewakili United, memasuki markas tim Liga Spanyol itu untuk melakukan pembicaraan mengenai kepindahan ini dan kemudian pergi beberapa jam kemudian, kelihatannya tidak mampu mencapai kata sepakat.

Hal itu kemudian mengejutkan United, yang melakukan pendekatan langsung dengan Bilbao, di mana tim Inggris itu tidak tahu apa-apa mengenai ketiga sosok tersebut.

Negosiasi-negosiasi antara kedua klub kemudian tidak dilanjutkan namun, dengan United telah memecat pelatih David Moyes dan menggantinya dengan Louis van Gaal, Herrera sekarang berada di ambang untuk menjadi rekrutan pertama pria Belanda itu di Old Trafford, yang kini hanya tinggal menunggu selesainya urusan izin internasional.

United, yang merupakan pengoleksi gelar Liga Utama Inggris terbanyak, finis di peringkat ketujuh pada musim lalu dan tidak dapat lolos ke Liga Champions serta Liga Europa, demikian AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014