Curitiba, Brasil (ANTARA News) - Aljazair menahan imbang Rusia 1-1 dalam laga penentu Grup H sekaligus memastikan diri melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Pelatih Aljazair Vahid Halilhodzic akan dikenang dalam sejarah sebagai pelatih pertama yang mengantarkan Aljazair ke babak knockout.

Gol penyerang Islam Slimani pada menit 60, membuat Aljazair menyamakan kedudukan setelah tertinggal lebih dulu dari Rusia berkat gol cepat Alexander Kokorin pada menit 6 di Arena da Baixada, Curitiba, Brasil, Jumat pagi WIB.

Berkat hasil tersebut tim besutan Valid Halilhozic berhak melangkah ke babak gugur setelah menempati peringkat kedua klasemen akhir Grup H dengan koleksi empat poin di bawah Belgia yang mengemas sembilan poin, setelah sukses melakukan sapu bersih memperoleh kemenangan ketiga mereka 1-0 atas Korea Selatan di Sao Paulo.

Sementara Rusia yang ditangani pelatih asal Italia Fabio Capello dan gagal memenangi satu laga pun dari tiga laga hanya mendapatkan dua poin sehingga tersingkir dari Piala Dunia 2014 bersama Korea Selatan, juru kunci dan memperoleh satu poin saja.

Jalannya pertandingan

Tuntutan harus menang demi melaju ke babak 16 Besar membuat Rusia menyerang sejak awal laga, hasilnya mereka mencetak gol lewat percobaan tembakan perdana dari kepala Alexander Kokorin.

Penyerang yang menuai kritik lantaran mandul di dua laga awal Grup H itu, membuktikan kemampuannya dengan ketenangannya menyambut bola umpan silang terukur yang dikirim bek sayap Dmitry Kombarov dari sisi kiri ke tengah kotak penalti.

Bola sundulannya menghujam ke sudut kanan gawang Aljazair, meninggalkan penjaga gawang Rais Mbolhi terdiam mati langkah, sekaligus memberi keunggulan 1-0 bagi Rusia.

Unggul satu gol tak membuat Rusia puas dan beberapa kali berusaha mengancam gawang Aljazair, namun mereka belum berhasil mendapatkan gol tambahan hingga babak pertama berakhir.

Sementara Aljazair yang memasuki laga dengan kepercayaan diri besar setelah mengalahkan Korea Selatan 4-2 di laga sebelumnya dan memiliki peluang lebih besar untuk lolos ke babak 16 besar seolah diminta menjejak bumi lagi lantaran gol Kokorin.

Mereka berusaha membongkar pertahanan Rusia, namun penampilan apik penjaga gawang Igor Akinfeev membuat upaya Aljazair tak kunjung membuahkan hasil hingga wasit Cuneyt Cakir asal Turki meniup peluit tanda babak pertama usai.

Akinfeev sedikitnya melakukan empat penyelamatan di babak pertama, yang dua di antaranya sukses mengamankan ancaman berbahaya yang ditebarkan penyerang Islam Slimani, termasuk halauan sundulan Slimani di garis gawang pada menit 29.

Memasuki babak kedua, Rusia kembali segera membangun serangan cepat dan mengancam gawang lawan saat pertahanan Aljazair belum sepenuhnya siap.

Sayang sontekan Alexander Samedov pada menit 47 menyambut bola hasil umpan satu dua dengan Kokorin masih bisa dihalau oleh Rais Mbolhi.

Aljazair justru bisa menyamakan kedudukan lewat sundulan Slimani pada menit 60.

Slimani dengan tenang menanduk bola umpan tendangan bebas Yacine Brahimi, setelah setelah Abdelmoumene Djabou dilanggar Aleksei Kozlov di sisi kiri pertahanan Rusia, dan menaklukkan Akinfeev sekaligus mengubah skor sementara menjadi 1-1.

Usai kedudukan disamakan oleh Slimani, Rusia kembali berjibaku untuk merangsek maju ke pertahanan Aljazair dan mencuri gol untuk kembali merebut keunggulan, sayang tendangan jarak jauh Igor Denisov, yang baru masuk pada babak kedua menggantikan Denis Glushakov, masih bisa diantisipasi Mbolhi.

Kesuksesan menyamakan kedudukan kembali mengangkat moral pemain Aljazair yang berusaha semakin disiplin dalam bertahan.

Rusia kembali mengancam gawang lewat tendangan Aleksandr Kerzhakov dari sisi kiri pertahanan Aljazair, namun arah bola masih bisa diamankan Mbolhi.

Rusia terus menerus berusaha membongkar pertahanan Aljazair, namun upaya mereka tak juga menemui hasil, sehingga pertandingan berakhir imbang 1-1 dan mereka harus pulang lebih awal dari Brasil.

Berikut susunan lengkap pemain berdasarkan laman resmi FIFA.

Aljazair:  Rais Mbolhi (PG), Aissa Mandi, Djamel Mesbah, Carl Medjani, Esseid Belkalem, Rafik Halliche (K), Yacine Brahimi (Hassan Yebda), Nabil Bentaleb, Sofiane Feghouli, Abdelmoumene Djabou (Nabil Ghilas), Islam Slimani (El Arabi Soudani)
Pelatih: Vahid Halilhozic

Rusia: Igor Akinfeev (PG), Aleksei Kozlov, Dmitry Kombarov, Vasily Berezutskiy (K), Sergey Ignashevich, Denis Glushakov (Igor Denisov), Victor Fayzulin, Oleg Shatov (Alan Dzagoev), Alexander Samedov, Aleksandr Kerzhakov (Maksim Kanunnikov), Alexander Kokorin 
Pelatih: Fabio Capello

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014