Brasilia (ANTARA News) - Muhammad Iqbal Harun (24 tahun), nekad membobol tabungannya demi menggapai impian sejak remaja, yaitu menyaksikan dan merasakan secara langsung gegap gempita Piala Dunia 2014 di Brazil.

Pegawai PLN Kota Palembang itu pun memutuskan cuti dari pekerjaan untuk melakukan perjalanan ribuan kilometer seorang diri setelah memastikan dapat tiket pertandingan yang dibeli secara online.

"Saya memutuskan untuk membeli tiket pesawat setelah berhasil mendapatkan tiket pertandingan yang saya beli secara online," kata lajang kelahiran 4 Juli 1990 itu saat bertemu Antara di Stadion Nasional Mane Garrincha Brasilia, Kamis (Jumat pagi WIB).

Setelah berhasil mendapatkan tiket pertandingan, termasuk untuk menyaksikan tim kesayangannya Italia di Recife, perburuan tiket pesawat pun dimulai.

Namun karena ia mendapatkan tiket pertandingan hanya sekitar dua minggu menjelang pembukaan Piala Dunia 2014 pada 12 Juni, harga tiket pesawat pun sudah melambung tingggi.

Iqbal yang mirip perancang model Ivan Gunawan itu tidak punya pilihan lain ketika harga tiket sudah mencapai 4200 dolar AS.

Ditambah harga tiket untuk tiga pertandingan serta keperluan penginapan, Iqbal harus merogoh kantong dalam-dalam dengan mengeluarkan biaya sekitar 6000 dolar AS (Rp72 juta dengan kurs Rp12.000).

Untuk menghemat pengeluaran, Iqbal pun menjalani petualangan sebagai "backpacker" dengan menginap di beberapa fan festival atau pun bandara.

"Suasana di fan festival ternyata sangat menyenangkan, seperti di pantai Copacabana, Rio de Janeiro karena panitia juga menyediakan bangku yang dilengkap bantal dan bisa dipakai tidur," katanya sambil tertawa.

Sebagai pendukung Italia, Iqbal ikut merasa sedih dan kecewa karena tim yang dielu-elukan sejak remaja itu harus tersingkir lebih awal, sama dengan nasib di Afrika Selatan empat tahun lalu.

Ia pun harus siap menerima godaan dari pendukung tim lain yang ditemui di stadion.

"Italia sudah angkat koper, tapi kamu masih di sini," goda beberapa pendukung tim Brazil saat Iqbal berada di Stadion Mane Garrincha menyaksikan Portugal-Ghana, Kamis (Jumat WIB).

Namun Iqbal mengaku bahwa ia juga harus siap-siap ditegur bos di kantor sepulang dari Brazil karena banyak tugas-tugas yang terbengkalai.

"Tidak apa-apa, karena saya sudah puas bisa merasakan gebyar Piala Dunia secara langsung, tidak hanya melalui televisi," kata Iqbal yang kemana-mana selalu memakai kostum tim Azzuri.

Pewarta: Atman Ahdiat dari Brasilia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014