Washington (ANTARA News) - Gedung Putih pada Kamis telah mengajukan dana-perang tahun 2015 sebesar hampir 60 miliar dolar, turun 20 miliar dolar dibanding tahun fiskal saat ini setelah Presiden Barack Obama memutuskan untuk menarik seluruhnya 9.800 tentara Amerika Serikat dari Afghanistan pada 31 Desember.

Obama, dalam sebuah surat kepada ketua parlemen AS, John Boehner, mengajukan 58,6 miliar dolar untuk perang di Afghanistan dan aktivitas militer di luar negeri lainnya, permintaan dana-perang terkecil Pentagon dalam satu dekade.

Selain pendanaan perang Afghanistan, permintaan juga termasuk 500 juta dolar untuk mendukung oposisi moderat Suriah, 1,5 miliar dolar untuk mendukung stabilitas di negara-negara yang berbatasan dengan Suriah yang telah dibanjiri pengungsi, dan 140 juta dolar untuk pelatihan non-operasional di Irak.

Permintaan pemerintah itu sekitar 20 miliar dolar lebih kecil dibanding pada tahun fiskal saat ini, yang berakhir pada 30 September, kata Reuters dalam laporannya.

Permintaan kepada Boehner juga termasuk 1,4 miliar miliar dalam dana operasi-operasi kontigensi untuk Departemen Luar Negeri, sehingga total yang diajukan kementerian itu 7,3 miliar dolar.

Departemen Luar Negeri telah mengajukan 5,9 miliar dolar untuk operasi di luar negeri dalam anggaran bulan Februari.

Pengajuan dana operasi kontigensi pada Kamis termasuk 5 miliar dolar untuk Dana Kemitraan Kontraterorisme baru dan 1 miliar dolar untuk Reasuransi Inisiatif Eropa.

Sekitar 5 miliar dolar dari total akan dialokasikan untuk anggaran Pentagon dan sisanya untuk Departemen Luar Negeri.

Gedung Putih mengatakan dana kontraterorisme akan digunakan untuk merespon ancaman yang muncul dengan "memberdayakan dan memungkinkan mitra kami di seluruh dunia."

Sekitar 2,5 miliar dolar akan digunakan untuk melatih dan memperlengkapi negara-negara memerangi kelompok teroris yang mengancam Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya. Dana tersebut, misalnya, akan menutupi biaya pengiriman pasukan komando AS untuk melatih pasukan di negara-negara lain.

Pemerintah mengajukan pengeluaran sampai 140 juta dolar untuk bantuan kepada Baghdad, termasuk pelatihan non-operasional membantu mengatasi kekurangan pasukan Irak dalam pengumpulan intelijen, kedaulatan udara, logistik, pemeliharaan, dan operasi pasukan gabungan.

Senator Carl Levin, Ketua Komite Angkatan Bersenjata Senat dari Partai Demokrat, yang menyambut baik pengajuan itu, mengatakan 500 juta dolar untuk mendukung anggota oposisi Suriah telah disepakati anggota panelnya.

Buck McKeon, ketua Komite Angkatan Bersenjata di DPR AS, mengatakan panel itu akan memeriksa permintaan dengan ketat, terutama dana kontraterorisme baru, dan memperingatkan:"Kongres bukan stempel karet."

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014