Mari kita buat produk-produk dengan bahan pewarna alam yang baik
Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian menyatakan dukungan bagi para pelaku industri kreatif Indonesia untuk menggalakan penggunaan pewarna alam.

"Mari kita buat produk-produk dengan bahan pewarna alam yang baik dan tidak diracuni dengan pewarna kimia terus-menerus," kata Direktur Jenderal IKM Kemenperin Euis Saedah di Jakarta, Jumat, dalam pameran produk interior dan kerajinan tangan Indonesia, Interior and Craft (ICRA) 2014 di JCC.

Euis pun mengajak semua pelaku IKM dan pengrajin yang berkecimpung dalam industri kreatif di Indonesia untuk ikut menggunakan pewarna alam.

"Tahun lalu kami buat kegiatan Swarna Fest, yakni festival yang menonjolkan serat alam dan warna alam. Ternyata limbah laut seperti cumi-cumi dan kerang bisa dimanfaatkan menjadi pewarna alam yang luar biasa," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, kelompok Gerakan Warna Alam Indonesia (Warlami) menyatakan diri akan berkontribusi dalam membangun kemandirian bangsa Indonesia, yaitu dengan melestarikan kekayaan budaya dan mengangkat kearifan lokal melalui gerakan warna alam di seluruh Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Dirjen IKM menyatakan apresiasi dan harapan agar pemakaian warna alam yang merupakan warisan budaya dapat diteruskan dari generasi ke generasi.

"Kita tidak boleh menjadi bangsa yang minder, tetapi jadilah bangsa yang berkarakter dan berani karena kita punya sumber daya alam yang melimpah dan manusia-manusia Indonesia yang kreatif," kata Euis menambahkan.


Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014