Seoul (ANTARA News) - Presiden Tiongkok Xi Jinping akan mengunjungi Korea Selatan pekan depan untuk lawatan dua hari yang akan fokus pada program senjata nuklir Korea Utara, demikian diumumkan kantor pemerintahan Gedung Biru di Seoul, Jumat.

Lawatan pada 3-4 Juli itu akan mencakup pembicaraan tingkat tinggi dengan Presiden Korea Utara Park Geun-Hye, yang mengunjungi Beijing Juni tahun lalu, kata Gedung Biru dalam sebuah pernyataan.

"Kedua pemimpin itu akan mendiskusikan upaya-upaya untuk bekerja sama dalam masalah terkait situasi di Semenanjung Korea, termasuk masalah nuklir Korea Utara," katanya, seperti dilaporkan AFP.

Lawatan ini akan menjadi pertemuan kedua Park dengan Xi, yang belum bertemu dengan pimpinan Korea Utara Kim Jong-Un sejak Kim berkuasa setelah kematian ayahnya Kim Jong-Il pada Desember 2011.

Sebagai sekutu utama Korea Utara dan penyokong ekonomi, Tiongkok secara luas dianggap sebagai anggota komunitas internasional yang paling punya pengaruh atas rezim di Pyongyang.

Seoul dan Washington telah secara gigih menyerukan Beijing untuk mengerahkan lebih banyak tekanan pada Korea Utara untuk mengabaikan program nuklir mereka.

(Uu.A062)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014