Banda Aceh (ANTARA News) - Sebagian warga Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar dikejutkan gempa berkekuatan 4,7 Skala Richter, Jumat, pukul 14.50 WIB.

"Kaget aja, saya langsung turun dari lantai dua saat merasakan guncangan gempa itu," kata Salahuddin Wahid di Banda Aceh.

Namun sebagian warga mengaku tidak merasakan guncangan gempa berkekuatan 4,7 SR itu, khususnya mereka yang sedang beraktivitas di luar bangunan, terutama pada pengendara kendaraan bermotor.

"Guncangan gempa itu memang agak keras dan dirasakan warga yang sedang berada di lantai dua, namun tidak berlangsung lama," kata Abdullah, warga lainnya di Banda Aceh.

Sementara itu, informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebutkan lokasi gempa berada di 4,99 lintang utara, dan 95,94 bujur timur atau 16 kilometer barat daya Kabupaten Pidie, Aceh.

Gempa bumi yang menguncang Aceh dan dirasakan sebagian masyarakat itu memiliki kedalaman 10 kilometer dan dirasakan masyarakat antara II sampai dengan III Modifikasi Mercalli Intensity (MMI).

Masyarakat yang berada di atas bangunan berlantai dan merasakan guncangan gempa langsung turun ke bawah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Gempa disertai tsunami pernah menguncang Aceh dan mengakibatkan kehancuran hebat terutama di kawasan pesisir pantai bagian barat provinsi itu. Gempa dan tsunami juga mengakibatkan sedikitnya 200 ribu orang meninggal dunia dan hilang pada 26 Desember 2004.
(A042/N002)

Pewarta: Azhari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014