Bandung (ANTARA News) - Tim PON XIX/2016 Jawa Barat menahan imbang Timnas U-19 dengan skor 1-1 (0-0) pada laga Tour Nusantara II yang digelar di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Jumat.

Dua gol pada pertandingan itu dicetak pada akhir babak kedua. Timnas U-19 unggul lebih dahulu melalui aksi individu bintang Evan Dimas menit ke-90.

Namun selang semenit pada injury time, penyerang Erwin Ramdhani membuyarkan kemenangan Timnas U-19 yang telah didepan mata. Sebuah tembakan bebas menyusur tanah menembus gawang yang dikawal kiper Dicky.

Gol tersebut sekaligus menghentikan trend kemenangan Timnas U-19 pada tour itu, sekaligus harga sebanding bagi Tim PON XIX/2016 Jabar yang tampil impresif mengimbangi permainan tim asuhan pelatih Indra Syafri itu.

Hampir sepanjang pertandinga, baik Timnas U-19 maupun tim PON Jabar tampil saling menyerang dan membongkar pertahanan lawan. Permainan babak pertama berlangsung berimbang, meski tim Jabar lebih dulu mengancam melalui tembakan striker Rizky Alam menit ke-2.

Namun kedua tim tampak hati-hati dan saling ukur kekuatan masing-masing. Perang gelandang dan sayap diperagakan kedua tim tim itu, meski gelandang Paulo Sitanggang dari Timnas U-19 lebih impresif. Babak pertama berakhir 0-0.

Memasuki babak kedua belum banyak perubahan, Evan Dimas juga lebih banyak beroperasi di sektor lini kedua, namun tampak banyak membuka ruang.

Permainan Timnas mulai meningkat setelah melakukan pergantian sejumlah pemain memasukan Hagianto, Dinan dan Mahdi. Penguasaan bola tim harapan Merah Putih itu lebih dominan, namun pertahanan Jabar yang dimotori kapten tim Saeful dan Aris cukup kokoh.

Evan Dimas harus menunggu hingga menit ke-90 untuk menjebol gawang Jabar yang dikawal Gustaman Noor. Sebuah akselerasi individu yang prima melewati tiga pemain bertahan Jabar dan lepas dari hadangan Saeful, sebuah tembakan striker asal Kota Batu, Malang, Jatim itu melesak ke dalam gawang Jabar sehingga merubah kedudukan menjadi 1-0.

Gol itu merupakan gol ke-19 bagi Evan Dimas sepanjang kariernya bersama Timnas Garuda Jaya.

Namun eforia kemenangan timnas harus berakhir, setelah tuan rumah PON Jabar melalui Erwin Ramdhani mampu membobol gawang Timnas U-19 dengan telak dan gagal dijangkau kiper Dicky yang tak sempat bereaksi menghadang bola yang meluncur deras menembus benteng pertahanan pemain bertahan.

Gol penyeimbang itu harus dibayar mahal oleh Jabar, Erwin sng pencetak gol harus ditandu ke luar lapangan setelah mengalami benturan dengan pemain Timnas. Hingga pluit panjang dibunyikan wasit Hadiana, kedudukan tetap imbang 1-1.

Hasil imbang disambut sukacita oleh kubu Tim PON Jabar yang diperkuat sejumlah pemain Persib U-21 dan Pelita Bandung Raya U-21.(*)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014