Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Spanyol Aleix Espargaro merebut posisi start terdepan (pole) dalam kualifikasi MotoGP Jumat (Sabtu dinihari) di sirkuit Assen, Belanda, yang diguyur hujan ringan.

Dalam kualifikasi di atas trek basah akibat hujan ringan itu, pebalap dari tim NGM Forward Racing mencatatkan waktu terbaik 1 menit 38,789 detik, mengalahkan Marc Marquez yang merebut posisi start kedua.

Marquez dari Repsol Honda Team mencatatkan lap terbaik 1 menit 40,194 detik, diikuti rekan setimnya Dani Pedrosa di tempat ketiga dengan lap terbaik 1 menit 40,732 detik.

Posisi start keempat direbut pebalap Italia dari Pramac Racing, Andrea Iannone, yang mengendarai motor Ducati.

Mengikuti di posisi start belakangnya, pebalap Ducati Cal Crutchlow, kemudian Bradley Smith dari Monster Yamaha Tech 3, dan Andrea Dovizioso dari Ducati.

Dua pebalap Movistar Yamaha MotoGP yang biasanya di barisan lima atau enam terdepan, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, di Assen sekarang tercecer di posisi start belakang.

Lorenzo hanya mencatatkan lap terbaik 1 menit 42,259 detik untuk start di posisi 9, sementara Rossi menempati posisi 12 dengan catatan waktu terbaiknya 1 menit 43,625 menit, demikian mengutip hasil kualifikasi di laman resmi MotoGP.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014