Rio de Janeiro (ANTARA News) - Kolombia untuk sementara unggul 1-0 atas Uruguay hingga babak pertama berakhir dalam laga 16 besar Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu pagi WIB.

Keunggulan tersebut didapatkan dari gol yang dicetak James Rodriguez pada menit 28, yang merupakan gol keempat penyerang berusia 22 tahun itu sepanjang putaran final Piala Dunia 2014.

Untuk sementara ia menyamai torehan gol Neymar, Lionel Messi dan Thomas Mueller dalam daftar pencetak gol.

Apabila kedudukan 1-0 bertahan hingga akhir, maka Kolombia akan berhadapan dengan tuan rumah Brasil di babak perempat final setelah mereka mengalahkan Chile lewat adu penalti.

Kehilangan Luis Suarez yang dihukum FIFA lantaran menggigit Giorgio Chiellini pada laga melawan Italia, menjadi sangat terasa di kubu Uruguay yang seolah kehabisan variasi serangan.

Diego Forlan yang diutus pelatih Oscar Tabarez mengisi lubang yang ditinggalkan Suarez tidak terlihat banyak berkontribusi sepanjang laga.

Hingga 10 menit awal pertandingan, belum ada serangan berbahaya yang diciptakan kedua tim, baru pada menit 11 bek kanan Kolombia, Juan Camilo Zuniga, melepaskan tendangan jarak jauh yang masih mengarah tepat ke penguasaan penjaga gawang Fernando Muslera.

Akan tetapi kemudian laga menjadi kembali sepi peluang, hingga keadaan dipecahkan oleh penyerang AS Monaco, James Rodriguez, pada menit 28.

Ia menerima umpan dengan mengendalikan bola menggunakan dadanya, lantas berbalik badan untuk kemudian melepaskan tendangan sentuhan pertama yang sukses menaklukkan penjaga gawang Fernando Muslera.

Tertinggal satu gol, Uruguay berusaha membangun serangan yang lebih tajam, akan tetapi hingga wasit Bjorn Kuipper meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama, keunggulan 1-0 bagi Kolombia belum berubah.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim berdasarkan laman FIFA.

Kolombia: David Ospina (PG), Juan Zuniga, Cristian Zapata, Mario Yepes (K), Pablo Armero, Juan Cuadrado, Abel Aguilar, Carlos Sanchez, Teofilo Gutierrez, James Rodriguez, Jackson Martinez
Pelatih: Jose Pekerman

Uruguay: Fernando Muslera (PG), Martin Caceres, Jose Gimenez, Diego Godin (K), Maximiliano Pereira, Alvaro Gonzalez, Egidio Arevalo Rios, Cristian Rodriguez, Alvaro Pereira, Edinson Cavani, Diego Forlan
Pelatih: Oscar Tabarez


Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014