Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menunjuk mantan CEO Procter & Gamble Bob McDonald sebagai calon menteri urusan veteran, seorang pejabat administrasi senior Obama mengatakan Minggu.

Penunjukan Obama terhadap McDonald (61) akan diumumkan minggu ini, kemungkinan hari Senin waktu AS. Jika disetujui Senat, McDonald akan memperbaiki kementerian veteran setelah bukti luas penundaan yang dihadapi para veteran militer dalam mendapatkan pelayanan di fasilitas-fasilitas Veterans Administration (VA).

Pengumuman akan datang beberapa hari setelah sebuah peninjauan Gedung Putih menemukan kegagalan kronis dan signifikan pada dewan di administrasi veteran dan bukti bahwa 'budaya korosif' berlaku.

Seorang pejabat administrasi senior mengatakan bahwa Obama tertarik kepada McDonald karena latar belakangkan korporat dan layanan kemiliterannya.

McDonal akan menggantikan Eric Shinseki, yang mengundurkan diri akhir Mei setelah masalah-masalah di dalam VA menjadi jelas.

McDonald merupakan mantan ketua, presiden, dan CEO Procter & Gamble, telah pensiun setahun lalu setelah 33 tahun bersama perusahaan Fortune 500 itu.

Dia menjabat Dewan Penasihat McKinsey, Dewan Penasihat Internasional Pengembangan Ekonomi Singapura, dan dewan direktur US Steel dan Xerox Corp, demikian Reuters melaporkan.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014