Recife, Brasil (ANTARA News) - Kapten Yunani Georgios Karagounis menyatakan pensiun dari karirnya di tim nasional, menyusul tersingkirnya Yunani dari babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Gelandang berusia 37 tahun itu mengumumkan keputusannya setelah bermain satu pertandingan penuh bersama Yunani yang akhirnya kalah dari Kosta Rika lewat drama adu penalti.

"Ini pertandingan terakhirku bersama Yunani. Kami ingin bertahan lebih lama di Brasil untuk sepekan atau lebih namun anda tidak bisa mengubah itu sekarang," kata Karagounis.

Karagounis melakoni debutnya bersama timnas Yunani pada 1999 dan memegang rekor 139 kali penampilan dan mencetak 10 gol untuk negaranya.

Ia membantu Yunani menciptakan kejutan dengan memenangi Piala Eropa 2004 dan pencapaian babak 16 besar Piala Dunia untuk kali pertama sepanjang sejarah di Brasil.

Karagounis, yang kontraknya selesai bersama Fulham pada akhir musim lalu mengatakan ia ingin memberikan jalan kepada generasi pemain-pemain Yunani yang selanjutnya.

"Timnas Yunani telah tumbuh, para pemain muda mendapatkan banyak pengalaman berharga," katanya.

"Ini bukan hal kecil dan kami pemain dari generasi lama sudah membantu dengan harapan tim ini akan terus meraih kesuksesan di masa depan."

Pelatih Yunani Fernando Santos juga mundur dari posisinya sebagai pelatih lantaran durasi kontraknya selesai.

Santos sempat diusir dari lapangan dan dipaksa menyaksikan adu penalti melawan Kosta Rika dari layar kaca di salah satu tribun saat timnya berakhir tersingkir dari Brasil, demikian BBC.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014