Saat terpilih menjadi Walikota Solo, Jokowi mendapatkan dukungan yang luar biasa dari masyarakat disana dan begitu juga saat terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta."
Pamekasan (ANTARA News) - Mantan Menteri Luar Negeri Era Presiden Abdurrahman Wahid Alwi Shihab menyatakan, calon presiden Joko Widodo memang merupakan sosok pekerja keras dan disukai masyarakat sejak menjabat sebagai Walikota Solo.

"Saat terpilih menjadi Walikota Solo, Jokowi mendapatkan dukungan yang luar biasa dari masyarakat disana dan begitu juga saat terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta," kata Alwi Shihab saat menghadiri acara deklarasi tim pemenangan Jokowi-JK di Pantai Talang Siring, Desa Montok, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Senin sore.

Menurutnya, hal itu pula yang menjadi alasan mengapa dirinya mendukung pencalonan Jokowi untuk maju sebagai presiden memimpin bangsa ini lima tahun ke depan.

Selain disuka masyarakat, Jokowi juga dikenal sosok pekerja ulet, memperhatikan kepentingan rakyat kecil dengan cara blusukan atau turun langsung kepada masyarakat.

"Pedagang kaki lima tidak digusur oleh Jokowi, akan tetapi ditata sedemikian rupa, sehingga lebih tertib," kata Alwi Shihab.

Alwi datang ke Pamekasan bersama dua orang purnawirawan TNI, yakni Letjen Sumardi, dan Mayjen TNI Zainal Abidin.

Alwi bersama rombongan tiba di pantai yang berjarak sekitar 15 kilometer dari arah Kota Pamekasan sekitar pukul 17.00 WIB dan selanjutnya mendeklarasikan tim pemenangan Jokowi-JK yang diketuai oleh Zainal Abidin.

Selain Alwi Shihab, Letjen (Purn) Sumardi juga sempat menyampaikan orasi di hadapan simpatisan Jokowi-JK dan menyatakan, bahwa dirinya mendukung pasangan calon presiden Jokowi-JK, karena pasangan ini memiliki komitmen kuat dalam memajukan bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Jokowi, kata dia, adalah sosok yang "low profile", akan tetapi tegas dalam memimpin, bahkan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta Jokowi bisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Deklarasi tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-JK di Pantai Talang Siring, Pamekasan, Senin itu juga dimeriahkan oleh orkes dangdut, dan kesenian tradisional saronen, serta musik daul.  (*)

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014