Roma (ANTARA News) - Pemain legendaris Inter Milan Javier Zanetti ditunjuk untuk menjadi wakil presiden di klub Liga Italia itu, kata pemilik klub Erick Thohir pada Senin.

"Zanetti akan menjadi wakil presiden klub yang baru, dan telah menandatangani kontrak dua tahun. Seluruh anggota dewan juga setuju untuk memensiunkan nomor punggung di kausnya," kata Thohir kepada para pewarta setelah pertemuan anggota dewan.

Thohir juga mengumumkan bahwa ia akan menawari perpanjangan kontrak berdurasi satu tahun kepada pelatih Walter Mazzarri, yang akan mempertahankannya di klub sampai 2016.

"Kami telah mendiskusikan perpanjangan setahun ini dalam kontraknya, maka kami akan memilikinya selama dua tahun penuh," ucapnya.

Zanetti yang berasal dari Argentina pensiun dari sepak bola pada akhir musim lalu setelah menghabiskan 19 tahun di Inter Milan, di mana ia turut membawa klub itu memenangi lima gelar liga, mencetak gol saat Inter menang 3-0 atas Lazio pada final Piala UEFA 1998, dan memainkan peran kunci saat timnya meraih tiga gelar utama dalam semusim yakni pada 2010 yang membuat Inter mendapatkan gelar Eropa (Liga Champion) pertamanya setelah hampir setengah abad.

Selama hampir dua dekade di klub itu Zanetti melakukan 615 penampilan di Liga Italia, jumlah terbanyak pada kategori pemain asing di kompetisi teratas Italia dan hanya kalah dari jumlah penampilan Paolo Maldini. Ia juga mewakili negaranya dalam 145 pertandingan.

Pria 40 tahun itu menyampaikan perpisahan yang emosional kepada para penggemar setelah Inter menang 4-1 atas Lazio di San Siro pada Mei, ketika ia dijanjikan peran baru di klub yang baru terungkap pada Senin.

Zanetti tampil sebagai pemain pengganti pada menit ke-52 di pertandingan itu, yang memastikan Inter berkompetisi di Liga Europa untuk musim depan.

Inter finis di peringkat kelima di Liga Italia setelah menjalani musim yang banyak diwarnai protes para penggemar terhadap manajemen Mazzarri, dan cara mengelola klub yang diterapkan pemilik baru Thohir, pengusaha asal Indonesia yang menggantikan Massimo Moratti sebagai presiden klub pada November, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014