Jakarta, (ANTARA News) – Menjelang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2014, banyak aplikasi termasuk game bertemakan kandidat capres diluncurkan di ponsel Android

Ketika kata kunci Jokowi ditulis pada pencarian di toko aplikasi online Google Play Store terdapat 59 aplikasi termasuk game yang muncul. Sedangkan kata kunci Prabowo menghasilkan 27 aplikasi yang berkaitan dengan Calon Presiden nomor urut satu tersebut.

Aplikasi itu berupa pembaruan informasi dan berita terkini tentang kandidat capres. Sedangkan game lebih beragam seperti tebak gambar, puzzle, dan permainan ringan lainnya.

Jumlah aplikasi terkait Jokowi yang banyak dimungkinkan karena setengah aplikasi yang ada di Android sudah lebih dulu hadir sejak pertengahan 2012 lalu ketika ia mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Saat ini game Jokowi lebih populer.

Contohnya game berjudul Jokowi GO! buatan tim pengembang Generasi Optimis yang sudah diunduh oleh 50.000 hingga 100.000 pengguna ponsel. Game tersebut berhasil masuk daftar game gratis terpopuler ke-22 dan game gratis baru terpopuler ke-4  di Google Play Store.

Game Jokowi GO! memiliki permainan seperti game populer Subway Surfer dan Minion Rush yang berlari melewati berbagai rintangan, hanya saja desainnya yang tiga dimensi dan kontennya dimodifikasi hingga berkaitan dengan Jokowi. Game ini mendapatkan rating 4,6 dari lima bintang dan dipilih oleh 2.723 pengguna.

Ulasan dari para pengguna pun banyak yang mengatakan puas dengan permainan dinilai dari cara permainan, desain, dan kreativitas game tersebut. Keluhan yang ada hanya pada tidak responsifnya permainan saat menggeser layar.

Sedangkan game Prabowo Subianto yang paling banyak diunduh bernama Prabowo The Asian Tiger. Aplikasi game ini menampilkan Prabowo berseragam Komando Pasukan Khusus. Game tersebut diunduh oleh 50.000 hingga 100.0000 pengguna dan mendapat rating 4,4 dari 2.499 pemilih.

Game Prabowo The Asian Tiger ini memiliki cara bermain yang sangat sederhana layaknya game house. Grafisnya pun berupa dua dimensi (2D) layaknya animasi kartun.

Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden akan diselenggarakan pada 9 Juli 2014 mendatang dengan kandidat Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014