Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo meminta jajaran Polri, TNI, dan BIN untuk mengantisipasi kejadian-kejadian pasca pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Jajaran TNI, Polri, dan BIN perlu memberi jaminan atau memastikan bahwa situasi pasca Pilpres 2014 tetap kondusif, aman dan tidak terjadi sesuatu yang meresahkan masyarakat," kata Bambang di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Bambang mengatakan dirinya mendengar dari berbagai kalangan yang menggunjingkan kemungkinan terjadinya rusuh pasca Pilpres.

"Apalagi Polri pun sudah memprediksi kemungkinan terjadinya benturan fisik antar pendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 di beberapa kota," ungkap dia.

"Saya mengapresiasi kesiagaan Polri, TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN) yang terus memantau dinamika publik. Namun, saya menyarankan agar Polri berinisiatif membangun komunikasi dengan tim pemenangan masing-masing kubu Capres-Cawapres guna mengajak mereka bekerjasama mewujudkan suasana kondusif dan damai. Masing-masing kubu harus menyadari pentingnya menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam negeri," kata Bambang Soesatyo.

Zul

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014