Pekanbaru (ANTARA News) - Sepanjang Juni 2014, 112 hektare kawasan hutan dan lahan di berbagai wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Riau hangus terbakar.

"Dari hasil peninjauan langsung di darat, sejak satu bulan terakhir ditemukan delapan titik kebakaran besar dengan luas lahan terbakar mencapai 112 hektare," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Said Saqlul Amri lewat pesan elektronik, Selasa siang.

Data Satgas Darat menunjukkan, kebakaran lahan terluas terjadi di Kabupaten Bengkalis yakni mencapai 38 hektare, kemudian di Kota Dumai seluas 37 hektare.

Sementara di Kabupaten Rokan Hilir, 36 hektare lahannya telah terbakar.  Rokan Hilir merupakan daerah dengan titik panas terbanyak, menurut pantauan satelit.

Sementara itu,  47 hektare lahan terbakar telah berhasil dipadamkan, terbanyak di Rokan Hilir yakni ada 21 hektare, Kota Dumai 17 hektare dan di Bengkalis baru sekitar 8 hektare, demikian menurut data Satgas Darat.

Berbagai upaya dilakukan untuk memadamkan api, di antaranya adalah penyemaian hujan buatan dalam penerapan teknologi modifikasi cuaca, dan menjatuhkan bom air (water bombing) ke lokasi lahan terbakar oleh Satgas Udara.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014