Kairo (ANTARA News) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Arab Saudi menyediakan 31 titik lokasi dropbox untuk menjaring warga negara Indonesia (WNI) untuk menggunakan hak pilih dalam pemilihan presiden (pilpres).

PPLN telah mengambil sumpah 50 petugas dropbox untuk menangani 31 titik lokasi di berbagai wilayah di Arab Saudi di luar KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah, demikian siaran pers KBRI RIiyadh yang diterima ANTARA di Kairo, Selasa.

Pilpres di PPLN Arab Saudi akan digelar lebih awal, yaitu pada Jumat, 4 Juli 2014.

KBRI Riyadh menyediakan enam tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN), di KJRI Jeddah juga enam TPSLN.

Terkait dengan puasa Ramadhan, TPSLN akan dibuka pada siang hari setelah shalat Jumat dan berlangsung hingga tengah malam waktu setempat.

Selain puasa, suhu udara di negeri padang pasir itu cukup ekstrim mencapai 48 derajrat celcius, katanya.

Disebutkan, dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih, PPLN Riyadh dan PPLN Jeddah aktif melakukan sosialisasi melalui berbagai media seperti website, milis, media massa, media sosial, juga melalui media konvensional seperti selebaran dan pengumuman untuk menjangkau berbagai lapisan WNI yang ada di Arab Saudi.

PPLN Riyadh dan Jeddah juga secara khusus memasang pengumuman pada harian-harian berbahasa Arab terkemuka di Arab Saudi untuk meminta bantuan para warga negara Arab yang mempekerjakan tenaga kerja Indonesia (TKI) agar memudahkan datang ke lokasi-lokasi pemungutan suara atau di titik-titik dropbox.

"Berbagai upaya yang dilakukan oleh PPLN tersebut diharapkan dapat mengurangi berbagai tantangan pelaksanaan Pemilu di Arab Saudi yang selama ini dikhawatirkan dapat mengurangi tingkat partisipasi pemilih," katanya.

Upaya tersebut dilakukan mengingat mayoritas pemilih adalah pembantu rumah tangga yang tidak dapat meninggalkan rumah atau tempat kerja mereka kecuali atas seizin pengguna jasanya.

WNI yang tercatat dalam DPTLN di Arab Saudi berjumlah 194.744 pemilih.

Dari jumlah tersebut, 87.435 WNI berada di DPTLN wilayah KBRI Riyadh, sementara 107.309 WNI di wilayah KJRI Jeddah.

Dengan berbagai upaya dan terobosan yang dilakukan, PPLN Riyadh dan PPLN Jeddah berharap tingkat partisipasi pemilih dalam Pilpres tahun 2014 ini akan lebih baik dari pemilu tahun-tahun sebelumnya di Arab Saudi. ***1***

(T.M043/

Pewarta: Munawar Saman Makyanie
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014