Pengerjaan jalan utama Cirebon-Bandung dikebut, karena targetnya bisa digunakan arus mudik Lebaran 2014
Cirebon (ANTARA News) - Perbaikan jalan Cirebon menuju Bandung melintasi Majalengka arah Sumedang melalui Cadas Pangeran diperkirakan mencapai 80 persen.

"Perbaikan jalur utama yang menghubungkan Cirebon arah Bandung melintasi Sumedang melalui Cadas Pangeran sudah mencapai 80 persen, sehingga bisa digunakan arus mudik tahun 2014," kata Parjo pengawas perbaikan jalan di Cirebon, Selasa.

Ia menuturkan, pengaspalan sudah selesai mulai dari Cirebon, Majalengka hingga Sumedang, hanya proses penyelesaian akhir di sejumlah titik, diperkirakan dua pekan ke depan jalan tersebut steril dari proyek perbaikan jalan.

"Pengerjaan jalan utama Cirebon-Bandung dikebut, karena targetnya bisa digunakan arus mudik Lebaran 2014," katanya.

Ia menuturkan, jalur tersebut cukup padat dilalui kendaraan terutama saat arus mudik, karena adanya pengalihan lalu lintas dari Jakarta melintasi Sumedang arah Cijelag, sehingga kondisi jalan harus layak untuk menghindari kemacetan.

Sementara itu Tohir petugas lain mengatakan, pengerjaan proyek tersebut dikerjakan 24 jam, diharapkan sesuai target bisa selesai sebelum arus mudik Lebaran.

Saat ini tinggal perbaikan ringan menyelesaikan pengaspalan, sehingga arus mudik Lebaran diperkirakan akan berjalan normal. Lubang sepanjang Cirebon-Bandung sudah tertutup.

Agus salah seorang pekerja perbaikan jalan di Sumedang menuturkan, pengerjaan proyek perbaikann jalan Cirebon-Bandung terus dikebut, supaya bisa digunakan pemudik yang melintasi Sumedang arah Majalengka.

"Perbaikan jalan yang dipercepat di pertigaan Cijelag arah Kabupaten Sumedang, kondisi jalan tersebut rusak berat, sehingga aspal dikeruk untuk meratakannya," katanya.

Selain itu, arah Cimalaka hingga Cadas Pangeran juga pengerjaan diutamakan, karena volume kendaraan yang melintas padat baik dari Jakarta maupun arah Kabupaten Garut, Tasikmalaya.

Pewarta: Enjang Solihin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014