Bekasi (ANTARA News) - Sejumlah lokasi pasar kaget yang menawarkan menu berbuka puasa mulai bermunculan di Kota Bekasi, Jawa Barat, sejak berlangsungnya Ramadhan 1435 H/2014.

Salah satunya terpantau di Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih.

"Seluruh lapak dagangan ini dikelola warga kompleks perumahan di sini. Kita rutin setiap tahun berjualan seperti ini," ujar Ketua Karang Taruna RW13 Perumahan Pondok Mitra Lestari, Bayu (34), di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, menu berbuka puasa yang disajikan sekitar 20 lapak pedagang di simpang Masjid Binaul Ummah perumahan itu beragam.

"Ada menu tajil seperti kolak pisang, es sirup, es buah, gorengan, kue, dan lainnya. Ada juga menu makan lain seperti sayur, pepes ikan, dan ayam goreng," katanya.

Salah satu pedagang ayam bakar Etoy (50), mengaku mencari tambahan penghasilan dengan membuka lapak dagangan setiap hari mulai puku 15.00 WIB.

"Lumayan, dari 20 ekor ayam yang kita siapkan, sampai sore ini sudah mulai habis. Per porsi saya jual Rp10.000 dengan nasi putih," katanya.

Sementara itu, pasar kaget lainnya juga nampak di sejumlah lokasi lain seperti, Jalan Raya Taman Galaxy, Jalan KH Agus Salim, Jalan Perumnas Raya I, dan Perumahan Zambrud.

"Adanya pasar keget itu dimaksudkan untuk masyarakat kecil menmperoleh rezeki di bulan Ramadhan. Jadi orang-orang pasar yang pagi hari tidak bisa jualan, sore hari kita tampung di pasar kaget itu," kata Ketua RW 11 Oerumahan Zambrud, Pedurenan, Suparyono.

Menurut dia, kegiatan tersebut masuk dalam agenda rutin pengurus RW setempat setiap Ramadhan tiba.

"Saat ini sudah jalan sekitar enam tahun sejak saya menjabat RW," katanya.

Pasar kaget di kawasan itu memanfaatkan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada di Blok S perumahan Dukuh Zamrud.

Namun dalam pasar kaget itu tidak hanya menyajikan menu berbuka puasa, tapi juga sejumlah perlengkapan rumah tangga dan otomotif.

(KR-AFR/H-KWR)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014