Sao Paulo (ANTARA News) - Pertandingan akhir babak perpanjangan 30 menit Argentina menundukkan Swiss 1-0, melalui gol Angel Di Marie pada menit ke-118 pada laga 16 Besar Piala Dunia 2014 di Corinthians Arena, Sao Paulo, Brasil, Selasa malam WIB.

Dengan hasil tersebut, Argentina memastikan diri maju ke Babak delapan Besar Piala Dunia 2014 yang akan melawan pemenang antara Belgia melawan Amerika Serikat.

Kapten dan pemain depan Argentina Lionel Messi ditetapkan sebagai pemain terbaik pada pertandingan tersebut (man of the match).

Pada babak tambahan 30 menit, Argentina memiliki banyak peluang, sedikitnya tiga tendangan Di Maria pada menit ke 110, 111 dan 112, namun gagal menembus jala kiper Swiss Benaglio.

Sebaliknya pada menit tambahan ke-122, Swiss mendapat tendangan bebas di luar kotak pinalti kiper Argentina Romero, namun masih belum berhasil menembus gawang Argentina, sehingga selama 120 menit pertandingan Argentina berkahir dengan mengalahkan Swiss 1-0.

Pada babak kedua Argentina mendominasi pertandingan sedikitnya tiga tendangan dari Messi kearah gawang Kiper Swiss Diego Benaglio, namun masih bisa diselamatkan, sebaliknya dua kalia serangan balik dari pemain Swiss juga masih berhasil dtahan pemain belakang Argentina.

Pada babak pertama Argentina mendominasi permainan dengan posisi bola 60 persen dan 40 persen Swiss. Argentina sedikitnya memiliki empat tendangan ke arah kiper Swiss, sebaliknya Swiss memiliki tiga tendangan kerah kiper Argetina.

Pada menit ke-8 pemain sekaligus kapten Swiss Gokhan Inler melakukan tendangan dari luar kotak pinalti Argentina tapi bola masih melambung diatas mistar kiper Argentina Sergio Romero. Pada menit 13 Messi melakukan tendangan dari luar kotak pinalti Swiss, tetapi bola masih bisa ditangkap kipers Swiss Diego Benaglio.

Kemudian pada menit ke-24 tendangan bebas Messi dari luar kotak pinalti Swiss juga sundulan dari pemain Argentina masih menyamping kiri gawang Swiss.

Pada menit  27 giliran tendangan dari pemain Swiss, Fabian Schaer dari luar kotak pinalti berhasil ditepis kiper Argntina Romero. Pada menit ke-39 serangan balik Swiss dengan tendangan pemaian Josip Drmic berhasil ditangkap kiper Argentina Romero.

Sebaliknya Argentina terus menyerang dengan tendangan ke arah gawang Swiss pada menit 40 dan 41 juga masih berhasil ditangkap kiper Benaglio.

Susunan pemain :

Argentina: 1-Sergio Romero; 2-Ezequiel Garay, 4-Pablo Zabaleta, 16-Marcos Rojo, 17-Federico Fernandez; 5-Fernando Gago, 7-Angel Di Maria, 14-Javier Mascherano; 22-Ezequiel Lavezzi, 9-Gonzalo Higuain, 10-Lionel Messi.

Pemain pengganti: 3-Hugo Campagnaro, 6-Lucas Biglia, 8-Enzo Perez, 11-Maxi Rodriguez, 12-Agustin Orion, 13-Augusto Fernandez, 15-Martin Demichelis, 18-Rodrigo Palacio, 19-Ricky Alvarez, 20-Sergio Aguero, 21-Mariano Andujar, 23-Jose Basanta .

Pelatih: Alejandro Sabella.

Swiss: 1-Diego Benaglio; 2-Stephan Lichtsteiner, 13-Ricardo Rodriguez, 20-Johan Djourou, 22-Fabian Schaer; 8-Gokhan Inler, 10-Granit Xhaka, 23-Xherdan Shaqiri, 11-Valon Behrami; 18-Admir Mehmedi, 19-Josip Drmic.

Pemain pengganti: 3-Reto Ziegler, 4-Philippe Senderos, 5-Steve von Bergen, 6-Michael Lang, 7-Tranquilo Barnetta, 9-Haris Seferovic, 12-Yann Sommer, 14-Valentin Stocker, 15-Blerim Dzemaili, 16-Gelson Fernandes, 17-Mario Gavranovic, 21-Roman Buerki.

Pelatih: Ottmar Hitzfeld.

Wasit: Jonas Eriksson (Swedia).(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014