Simpang Ampek, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melalui Badan Amil Zakat (BAZ) memberikan bantuan konsumtif senilai Rp3,2 miliar untuk keluarga fakir miskin pada Ramadhan 1435 Hijriah.

"Masing-masing keluarga akan memperoleh Rp750 ribu. Penyerahannya akan kami lakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti," kata Wakil Ketua BAZ Pasaman Barat, Getri Ardenis di Simpang Ampek, Rabu.

Ia mengatakan keluarga yang akan mendapat bantuan konsumtif tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan pihak kejorongan (kelurahan) bekerjasama dengan dai dan wali nagari (kepala desa) setempat.

Selanjutnya di sampaikan ke BAZ Pasaman Barat untuk diberikan bantuan konsumtif nantinya.

Ia menyebutkan dalam pengusulan fakir miskin tersebut tidak dibenarkan berasal dari keluarga dekat pihak jorong, dai apa lagi dari pihak wali nagari.

Disamping itu, tidak dibenarkan juga berada dalam satu lingkungan yang berdekatan atau dalam artian mereka bertetangga antara satu penerima bantuan dengan penerima lainnya.

Direncanakan keluarga fakir miskin yang akan menerima bantuan itu setiap jorong sebanyak 20 keluarga fakir miskin.

Penerima bantuan harus berasal dari beberapa titik yang ada di kejorongan. Tidak dibenarkan menumpuk dalam satu titik.

Dalam artian, katanya, masyarakat yang akan menerima bantuan tersebut betul-betul berasal dari keluarga fakir miskin.

"Bagi mereka yang mampu alangkah malunya jika berkeinginan dan apalagi ikut menerima bantuan itu," jelasnya.

Pihaknya saat ini melalui petugas yang ditunjuk sedang melakukan pemutakiran data untuk penerima bantuan itu.

Mudah-mudahan nantinya mereka yang menerima bantuan, betul-betul orang yang berhak menerimanya dan merasa terbantu.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang kurang baik dalam pembagian bantuan itu. Maka pihak pengelola mwnetapkan bantuan itu dibayarkan melalui bank.

Masyarakat dapat mengambilnya langsung ke bank yang ditunjuk. Namun sebagai simbolisnya diperkirakan menjelang lebaran nanti akan dilakukan penyerahannya oleh Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R.

Dibandingkan tahun lalu terjadi peningkatan jumlah bantuan dari Rp500 ribu menjadi Rp750 ribu per kepala keluarga (KK).

Pihaknya juga memberikan memberikan banyuan buat gemerasi muda kurang mampu yang terkendala dalam melanjutkan pendidikan.

"BAZ akan terus membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Kami akan komit menyalurkan bantuan kekeluarga tidak mampu," katanya.

Seorang warga setempat, Andi (40) mendukung pemberian bantuan tersebut karena dapat membantu keuangan kaum fakir miskin menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

(KR-MLN/H014)

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014