Kendari (ANTARA News) - Kelapa muda yang dipasok dari sejumlah sentra produksi membanjiri Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam suasana puasa Ramadhan 1435 H.

Pantauan di Kendari, Rabu, melaporkan pedagang menjajakan kelapa muda pada sejumlah titik di jalan Bay Pass, Jl Saranani, pantai Kendari, Jl Wulele dan Jl Kamboja.

Dalam puasa Ramadhan kelapa muda dijual seharga Rp5.000 hingga Rp7.000 per buah atau mengalami kenaikan Rp1.000 per buah dibandingkan hari-hari biasa.

"Penjualan kelapa muda mengalami kenaikan karena permintaan pada suasana Ramadhan meningkat. Kenaikan harga eceran kelapa muda karena pada tingkat petani juga mengalami kenaikan," kata pengecer kelapa muda Muhtar (23).

Kelapa muda yang memenuhi sejumlah titik di Kota Kendari dipasok dari Kecamatan Moramo, Moramu Utara, Konda, Abeli dan Nambo.

"Kelapa muda dapat pula diperoleh dari pinggiran Kota Kendari yakni di Kelurahan Tobuuha dan Labibia serta Lalonggaluku," kata Muhtar.

Selain kelapa muda dijual gelondongan juga sebagian pedagang meracik dalam menu es buah kemudian dijajakan pada beberapa titik di jalan-jalan protokol Kota Kendari.

Di bundaran Mandonga, Jl Saranani dan sejumlah kompleks perumahan dipenuhi pedagang kaki lima yang hadir mendadak menjajakan es buah dan beragam kue untuk berbuka puasa.

Konsumen kelapa muda Muh Rian (17) mengatakan setiap hari membeli kelapa muda untuk berbuka puasa.

"Minum air kelapa terasa segar sehingga peminat cukup banyak," kata Rian.

(S032/I006)

Pewarta: Sarjono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014