kita perlu mendapatkan pengalaman untuk mengoperasikan lapangan Shale Gas yang sampai sekarang masih belum beroperasi di Indonesia"
Jakarta (ANTARA News) - Akuisisi hak partisipasi blok Shale Gas Fasken Eagle Ford di Texas, Amerika Serikat, oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) adalah untuk mendapatkan akses pegetahuan dan pembelajaran.

"Alasan akuisisi karena faktor bisnis tentu ada, namun kita berharap bisa mendapatkan akses knowledge (pengetahuan) dan transfer knowledge (transfer pengetahuan)," ujar Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Perusahaan Gas Negara M.Wahid Sutopo di Jakarta.

PGN, melalui anak usahanya PT Saka Energi Indonesia, telah mengakuisi 36 persen hak partipasi di blok Shale Gas Fasken di kawasan Eagle Ford, Texas Selatan, Amerika Serikat.  Blok ini dimiliki Swift Energy Company.

"Ya, kita perlu mendapatkan pengalaman untuk mengoperasikan lapangan Shale Gas yang sampai sekarang masih belum beroperasi di Indonesia," ujar Sutopo.

Sutopo mengemukakan, pengembangan dan pengoperasian lapangan Shale Gas adalah salah satu hal yang saat ini menjadi pusat perhatian di Amerika Serikat, sehinga patut untuk dipelajari.

Nilai akuisisi blok ini mencapai 175 juta dolar AS, yang dibayarkan kepada Swift Energy sebagai pengelola gas. Dari 175 juta dolar AS tersebut, PGN memberikan 125 juta dolar AS sebagai pembayaran tunai dan 50 juta dolar AS diberikan untuk pengembangan.

Pada akhir 2013 tercatat bahwa cadangan Blok Shale Gas Fasken mencapai 87,6 juta barrel oil eqivalent.




Pewarta: Maria Rosari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014