Padang (ANTARA News) - Omzet pedagang mukena di sentra Pasar Raya Kota Padang, Sumatera Barat sejak tiga minggu terakhir, meningkat.

Utari(31), pedagang pakaian muslim di Pasar Raya Blok B Kota Padang mengungkapkan, sejak seminggu terakhir memasuki bulan puasa, penjualan mukena naik.

"Kalau hari normal biasanya terjual tiga atau empat potong mukena, namun kalo Ramadhan ini penjualan meningkat sampai terjual berkisar satu lusin sampai dua kodi perhari," kata Utari di Padang, Kamis.

Ia menyebutkan, mukena yang ia jual terdiri dari berbagai jenis, dari yang terbuat dari perasut, sutera dan lyra. Harga yang ditawarkan berkisar Rp65 ribu - Rp1,5 juta per item.

Sedangkan menurut Darni (45), pedagang di blok A Pasar Raya Padang, naiknya omzet pedagang mukena di pusat perekonomian di Padang ini dipicu pembelian secara besar-besarang oleh pedagang dari kota lain.

Kebanyakan pedagang dari kota lain itu untuk persiapan menghadapi hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Biasanya mereka menjual kembali di pasar kecil di daerah lain di luar Kota Padang" kata dia.

Darni menyatakan belum ada pedagang yang menaikan harga. "Harganya masih normal, kemungkinan naiknya berkisar satu minggu menjelang lebaran," katanya.




Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014