Bandung (ANTARA News) - Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Mochammad Iriawan dan Dirjen Kementerian Pekerjaan Umum melakukan pemantauan kondisi jalur Pantura Jabar mulai dari Cikampek - Indramayu - Cirebon, Kamis.

"Pemantauan dilakukan di jalur Pantura, untuk melihat kondisi dan kesiapan jalur itu menjelang musim mudik dan balik lebaran 2014," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul.

Pengecekan jalur itu juga dilakukan bersama Dinas Perhubungan Jabar, Jasa Raharja, serta beberapa pihak terkait lainnya.

Kapolda juga mengecek kesiapan pos-pos polisi di sepanjang jalur itu. Pada arus mudik dan balik lebaran 2014 Polda Jabar akan mendirikan sejumlah posko pengamanan di sejumlah titik lokasi, khususnya di jalur rawan kemacetan dan rawan kecelakaan lalu lintas.

"Perbaikan jalur Pantura menjadi salah satu perhatian menjelang arus mudik dan balik lebaran ini, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas," kata Martinus.

Polda Jabar biasanya mengerahkan pasukan di sepanjang jalur itu, selain untuk mengurai kemacetan juga untuk mengantisipasi aksi kriminalitas.

Sehari sebelumnya, Rabu (2/7), Menteri Perhubungan EE Mangindaan juga melakukan pemantauan jalur selatan yakni di kawasan Cileunyi, Nagreg, Malangbong, Gentong hingga kawasan Kota Banjar.

Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan menyatakan kondisi jalan di jalur selatan Jawa Barat, yakni Cileunyi - Nagreg - Tasikmalaya, sangat layak dan siap untuk dilintasi arus mudik Lebaran 2014.

"Secara umum kondisi jalan raya di kawasan Cileunyi - Nagreg cukup bagus dan siap untuk dilintasi pemudik. Meski ada perbaikan di beberapa titik, namun diperkirakan tuntas sebelum pertengahan Juli," kata Menhub.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014