Setelah keluar masuk pesantren, banyak sekali hal yang saya lihat dan dengar...membantu meningkatkan mutu pendidikan pesantren adalah mutlak"
Bandung (ANTARA News) - Kandidat presiden Joko Widodo mengatakan peningkatan mutu pendidikan pesantren adalah mutlak mengingat besarnya peran pesantren bagi pendidikan nasional.

"Setelah keluar masuk pesantren, banyak sekali hal yang saya lihat dan dengar. Kadang-kadang satu pondok itu dihuni 9.000-an santri, artinya membantu meningkatkan mutu pendidikan pesantren adalah mutlak," kata Jokowi dalam konferensi pers di Bandung, Kamis.

Menurut dia, peningkatan mutu pendidikan pesantren demi meningkatkan mutu pendidikan nasional dilakukan dengan meningkatkan mutu dan kesejahteraan guru pesantren.

Komitmen Jokowi-JK dalam meningkatkan kesejahteraan guru pesantren tertuang dalam program Nyata Jokowi dan JK.

Jokowi-JK berikrar, jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden maka mereka akan membantu menaikkan mutu pendidikan pesantren guna meningkatkan kualitas pendidikan nasional dengan meningkatkan kesejahteraan guru-guru pesantren sebagai bagian dari komponen pendidik bangsa.

Belum lama ini Jokowi menjanjikan 1 Muharram sebagai Hari Santri sebagai komitmennya kepada santri dan pesantren sebagai dukungannya dalam upaya memperkuat pesantren.

Pilpres 9 Juli 2014 diikuti pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK.





Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014