... (Messi) sendirian... Tim tidak memberikan perubahan ritme untuk pergerakan penyerangnya... "
Belo Horizonte (ANTARA News) - Argentina masih bermain di bawah level permainan mereka dan sangat bergantung pada Lionel Messi serta mereka harus menemukan penampilan terbaik jika tidak ingin dikalahkan Belgia di perempat-final piala dunia 2014, menurut Diego Maradona.

"Kami masih belum bermain dengan baik," kata Maradona yang membawa Argentina juara piala dunia 1986 seperti dikutip di Reuters.

"Mereka akan mendapatkan hukumannya karena tidak bisa bermain tanpa 'dukungan Messi'. Mungkin dia bisa mencetak sebuah gol cantik, tetapi jika tidak, kita tidak bisa menyalahkannya."

Mantan pelatih Argentina di piala dunia terakhir tetapi gagal di perempat-final berkata kepada Venezuelan TV setelah Argentina mengalahkan Swiss minggu ini. Komentarnya ditampilkan di media-media Amerika Latin pada Kamis.

Menurutnya, dengan nama besarnya, Argentina baru bermain 40% dari kapasitas mereka dan dikritik ketika hanya mampu mengalahkan Swiss dengan skor tipis 1-0 di perpanjangan waktu.

"Pemain-per-pemain, dan secara kolektivitas Argentina lebih baik. Mereka (Swiss) mungkin memperhatikan walau mereka mempunyai pemain bola baru," tambah Maradona.

Argentina yang melakukan latihan tertutup pada Kamis di kamp mereka di Belo Horizonte sebelum terbang ke Brasilia untuk laga hari Sabtu melawan Belgia, memenangkan tiga pertandingan di fase grup sebelum mengalahkan Swiss di babak 16 besar.

Messi menjadi man-of-the-match di setiap pertandingan, dan mencetak empat gol dari tujuh total gol Argentina. Tetapi kemenangan yang telah diraih dengan batas satu gol dan menutup penampilan pemain lain dengan menampilkan beberapa aksi individu, memberikan kontribusi yang lebih besar.

"Anak ini (Messi) sendirian... Tim tidak memberikan perubahan ritme untuk pergerakan penyerangnya," tambah Maradona yang mengatakan para pemain kurang memberikan sikap.

"Saya merasakan sesuatu sangat kuat di dalam, seperti  kegetiran, kemarahan, frustasi karena Argentina bisa bermain lebih baik... Pelatih juga telah mendorong ini. Jika mereka tidak melakukan perubahaan melawan Belgia, kami dalam masalah," tukasnya lagi.

Argentina sudah dua kali menjadi juara piala dunia dan akan mengangkatnya ketiga kali jika bisa menang di rumah rivalnya, Brasil. Puluhan ribu dengan jersey biru-dan-putih membanjiri jalanan untuk memberikan semangat kepada timnya, demikian Reuters.

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014