Jakarta, (ANTARA News) - Honda Motor Co pada Jumat menyatakan akan memperluas recall (penarikan untuk perbaikan) di Amerika Serikat termasuk California terhadap kendaraan yang kantong udaranya berpotensi bermasalah.

Recall yang diperluas itu menyusul kejadian seorang pengemudi yang terluka akibat kantong udara dalam suatu kecelakaan.

Juru bicara Honda mengatakan pihaknya  memperluas recall setelah pada 25 Juni mendapat pemberitahuan soal  kecelakan yang terjadi pada Mei 2005 oada  satu model Accord dengan kantong udara buatan Takata Corp.

Berdasarkan pengaduan kepada pengatur keamanan Badan Nasional Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya  (NHTSA),  kantong udara yang ada di mobil melontarkan serpihan metal panas dan pastik ketika terjadi tabrakan.

Hal itu menyebabkan pengemudi luka bakar, memar, dan lecet pada lengan serta kaki.

"Kasus ini tidak termasuk dalam wilayah yang telah ditetapkan recall oleh NHTSA, namun Honda menambahkan wilayah California ke dalam area recall  untuk menginvestigasi kasus tersebut," kata juru bicara Honda seperti dikutip Reuters.

Belum ada rincian lebih lanjut mengenai recall itu sedangkan juru bicara Takata tidak bersedia memberikan komentar terkait hal tersebut.

Honda melakukan recall di wilayah Alabama, Georgia, Louisiana, Mississippi, South Carolina, dan Texas, serta Puerto Rico, Florida, Hawaii dan Kepulauan Virgin, wilayah-wilayah tersebut ditentukan oleh NHTSA.

Recall yang telah dilakukan berbagai pabrik mobil sejak lima tahun terakhir mencapai 10,6 juta kendaraan terkait masalah kantong udara dari Takata, belum termasuk penarikan di AS.

Setidaknya sudah dua orang tewas akibat dugaan kerusakan pada kantong udara.

Penerjemah: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2014