Dia (Suarez) tidak boleh berpartisipasi dalam kegiatan bola manapun selama masa hukuman, dan juga tidak boleh berlatih dengan tim selama masa hukuman itu."
Swiss (ANTARA News) - FIFA telah mengonfirmasi bahwa Luis Suarez tidak diizinkan untuk berlatih bersama klub manapun selama masa hukuman empat bulan itu dari semua kegiatan sepak bola.

Penyerang Uruguay dan Liverpool yang dikabarkan tinggal selangkah lagi pindah ke Baracelona, tetapi harus berlatih sendiri, kata seorang juru bicara FIFA, seperti dilansir di ESPN.

Klarifikasi itu muncul ketika Claudio Sulser, ketua komite disiplin mengatakan pada Kamis, "Tidak, kamu tidak bisa membatasi hak itu kepada pemain karena itu akan seimbang."

Tetapi juru bicara FIFA mengatakan kepada Press Association, "Dia (Suarez) tidak boleh berpartisipasi dalam kegiatan bola manapun selama masa hukuman, dan juga tidak boleh berlatih dengan tim selama masa hukuman itu."

Sulser telah mengonfirmasi bahwa pemain 27 tahun ini boleh pindah ke Barcelona ketika dijatuhi hukuman karena menggigit pemain Italia Giorgi Chiellini merupakan ketiga kalinya Suarez menggigit di karirnya.

Hukuman lainnya untuk Suarez, yakni tidak boleh membela Uruguay di sembilan laga internasional. Asosisasi sepak bola Uruguay dikabarkan melakukakan banding pada hukuman ini.

Luis Suarez telah meminta maaf dan mengakui menggigit Chiellini setelah sebelumnya menyangkal. Hukuman itu bertambah berat karena Suarez menolak untuk menunjukkan penyesalannya.

Walaupun demikian, Liverpool tetap melakukakan pembicaraan dengan Barca terkait kepindahan Suarez. Saat konferensi persi Sulser mengatakan, "Pemain tidak boleh beraktivitas di manapun yang berkaitan dengan bola, tetapi tes medis untuk transfer boleh karena hukuman ini tidak berhubungan dengan transfer."

Liverpool dikabarkan meminta nasihat hukum terkait sanksi Suarez, tetapi Sulser mengatakan aksi dari pemain itu telah memaksa FIFA untuk bertindak dan memberikan hukuman.

Dia mengatakan, "Sanksi ini untuk pemain. Resikonya yakni jika pemain kamu mendapat sanksi di piala dunia. Saya setuju karena ini masalah juga untuk Liverpool, tetapi sanksi ini dari komisi disiplin."(*)

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014