`Extra flight` akan kami tambah, baik di Bandar Udara Soekarno Hatta maupun Halim Perdanakusuma Jakarta."
Jakarta (ANTARA News) - Maskapai nasional berbiaya murah, Citilink, berencana menambah frekuensi penerbangan pada sejumlah rute untuk menghadapi lonjakan jumlah penumpang menjelang musim angkutan Lebaran 2014.

"Extra flight akan kami tambah, baik di Bandar Udara Soekarno Hatta maupun Halim Perdanakusuma Jakarta," ujar President & CEO Citilink Indonesia, Arif Wibowo, dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (4/7) malam.

Citilink, menurut Arif, telah menyiapkan penerbangan tambahan pada sejumlah rute, seperti Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Padang dan Surabaya-Banjarmasin, selama periode 20 Juli hingga 3 Agustus 2014.

Selain itu, frekuensi penerbangan dari Jakarta menuju Medan dan Denpasar juga ditingkatkan, dengan pertimbangan bahwa rute-rute tersebut merupakan rute yang padat pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran.

"Kira-kira ada tambahan 80 ribu seat (tempat duduk) dari H-10 hingga H+10 Lebaran nanti. Jadi, setiap hari diperkirakan ada tambahan 4.000 tempat duduk," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan memperkirakan bahwa jumlah penumpang angkutan udara pada musim angkutan Lebaran 2014 akan mengalami peningkatan hingga 11,7 persen dibandingkan dengan hari-hari biasa.

"Hal ini pula yang memicu Citilink untuk terus memenuhi kebutuhan konsumen terkait lonjakan jumlah penumpang," jelas Arif Wibowo.

Menurut data yang dimiliki Citilink, sejumlah maskapai nasional dan internasional juga berencana menambah frekuensi penerbangan pada masa Lebaran tahun ini dengan total tambahan hingga 456.000 tempat duduk.

Dengan demikian, secara keseluruhan kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk angkutan udara pada musim mudik dan balik Lebaran 2014 akan menampung hingga lima juta penumpang.  (M048/D010)

Pewarta: Maria Rosari
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014