Solok (ANTARA News) - Kebakaran terjadi di Pasar Raya Kota Solok, Sumatera Barat pada Sabtu (5/7) malam dan mengakibatkan sekitar 20 rumah toko di pasar tersebut ludes.

Wali Kota Solok Irzal Ilyas di Solok mengatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi jam 21.20 WIB, dimana saat itu masyarakat baru saja melaksanakan ibadah shalat tarawih.

"Dugaan sementara api berasal dari kompor salah satu ruko, kemudian api menjalar ke ruko-ruko yang lain," kata dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan untuk memadamkan kobaran api tersebut telah diturunkan mobil pemadam kebakaran yang ada di daerah tersebut, termasuk tambahan dari kabupaten sekitar Solok.

Irzal menyebutkan, 11 mobil pemadam kebakaran didatangkan dari Kota dan Kabupaten Solok, Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan dari Kota Sawahlunto.

"Dengan usaha keras petugas pemadam, kebakaran dapat dipadamkan pada pukul 22.50 WIB atau 1,5 jam sejak peristiwa itu terjadi," kata dia.

Kerugian akibat peristiwa yang menimpa pusat perbelanjaan daerah yang dijuluki "Kota Beras" tersebut diperkirakan hingga ratusan juta rupiah.

Wali Kota Solok mengingatkan seluruh masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dengan api sehingga tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan.

Ia juga meminat warga memperhatikan kondisi tempat tinggal terutama kompor dan peralatan listrik sebelum bepergian.

Menurut dia, kehati-hatian bukan hanya atas api atau listrik meliankan juga memperhatikan timbulnya tindakan kriminal seperti pencurian.

"Apalagi saat ini bulan Ramadhan, dimana masyarakat banyak yang pergi ke tempat ibadah, maka perhatikanlah rumah sebelum berangkat ke masjid atau mushola," kataya.

Pewarta: Hamriadi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014