Bandung (ANTARA News) - Baitul Maal Mitrass menjalankan Program Sedekah Kopi untuk membantu menyediakan kopi bagi jemaah di 1.000 masjid di Kota Bandung.

"Tahun 2014 ini, Baitul Maal Mitrass menargetkan Program Sedekah Kopi untuk memfasilitasi seribu masjid di Kota Bandung," kata Manager Baitul Maal Mitrass, Yusuf Mauludin, di Bandung, Senin.

Program penyediaan kopi bagi jemaah masjid yang ingin beristirahat usai shalat berjemaah itu ditujukan untuk meramaikan dan memakmurkan masjid, yang sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah.

"Bukan hanya sekedar tempat beribadah, akan tetapi tempat berkumpulnya umat Islam untuk beraktivitas positif, baik mengaji, berdiskusi, ataupun sekedar meminum kopi sambil istirahat di halaman masjid," katanya.

Menurut dia, program sedekah kopi efektif untuk meramaikan masjid karena minum kopi sudah sejak dulu membudaya di Indonesia.

Selain itu, ia melanjutkan, para pendakwah pada masa lalu juga antara lain menyebarkan agama dengan mendatangi kedai yang banyak dikunjungi warga.

"Sebagai contoh, Syaikh Hasan Al Bana, tokoh pergerakan Islam di Mesir menyebarkan dakwah melalui warung-warung kopi," katanya.

Dia berharap program itu bisa menjangkau masyarakat dari semua lapisan dan mempererat silaturahim umat Islam.

"Mudah-mudahan dengan program sedekah kopi masjid-masjid tambah makmur dan umat Islam makin senang shalat berjemaah di masjid demi mempererat tali silaturahmi antar umat," katanya.

Ia mengatakan perusahaannya membuka kesempatan bagi mereka yang ingin berpartisipasi dalam Program Sedekah Kopi. Warga bisa menyalurkan sedekah kopi melalui Yayasan Baitul Maal Mitrass Jawa Barat.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014