Makassar (ANTARA News) - Harga emas yang diperjualbelikan di pusat pendagangan emas Somba Opu bergerak naik seiring dengan kenaikan harga emas PT Aneka Tambang.

"Kenaikan harga emas perhiasan ini dipengaruhi oleh kenaikan harga emas batangan yang dikelola dan dijual PT Aneka Tambang," kata salah seorang pedagang emas Hendrajaya di kawasan Somba Opu, Makassar, Senin.

Ia mengatakan, emas yang umumnya dibeli masyarakat adalah emas 23 karat yang harus ditebus Rp546 ribu per gram, naik Rp1.000 dibanding harga pekan lalu.

Menurut pemilik toko emas Fajar ini, harga emas terus bergerak naik memasuki Ramadhan dan diprediksi itu terus berlanjut menjelang Lebaran.

"Selain pengunjung ada yang menjual emasnya, namun yang banyak adalah membeli perhiasan emas khususnya pada awal bulan," katanya.

Hal itu diakui salah seorang pembeli di Somba Opu, Makassar Sitti Nurliana.

Dia mengatakan, meskipun kebutuhan meningkat pada Ramadhan, namun ada juga yang menyisihkan uang gaji atau pendapatannya untuk membeli emas sebagai invetasi.

"Meskipun harganya naik, tapi tidak menyurutkan kami untuk membeli emas, karena selain untuk dipakai berhari raya, juga dapat disimpan untuk keperluan yang mendesak," katanya.

(S036/I006)

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014