Medan (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Pertamina Marketing Operation Region I menjamin pasokan bahan bakar minyak di Sumatera bagian utara aman menjelang penyelenggaraan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Dalam siaran pers yang diterima di Medan, Senin, General Manager PT Pertamina Marketing Operation Region I Jumali mengatakan bahwa pendistribusian berbagai jenis bahan bakar minyak (BBM) tetap berlangsung normal.

Meski hari pemungutan suara pada tanggal 9 Juli tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional, seluruh unit kerja di wilayah PT Pertamina Marketing Operation Region I tetap beroperasi.

Pihaknya menyiagakan 19 depot BBM, 3 depot pengisian gas elpiji, 11 depot pengisian pesawat udara (DPPU), dan 694 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Sumbagut tetap beroperasi.

Karena itu, ketersediaan pasokan BBM dan elpiji pada hari menjelang hingga usai pilpres dipastikan dalam keadaan yang cukup sesuai dengan kebutuhan rutin.

Meski demikian, ketersediaan pasokan BBM dan gas elpiji yang memadai tersebut bukan hanya karena penyelenggaraan Pilpres, melainkan untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

"Bukan hanya pada waktu pipres atau Pemilu saja, melainkan ketersediaan pasokan tetap terjamin di wilayah Sumbagut setiap hari. Namun, memang kami lebih siaga karena hari besar ini," katanya usai meninjau operasional Depot LPG Tandem, Sumut.

Menurut Jumali, untuk memastikan distribusi dan ketersediaan dan kebutuhan BBM dan elpiji tersebut, Pertamina membentuk satuan tugas (satgas) yang bertugas untuk mengawasi kelancaran pelayanan.

Jika ada perkembangan yang membutuhkan penanganan, satgas yang dibentuk Pertamina tersebut akan langsung mengambil tindakan yang diperlukan.

Selain menghadapi Pilpres, Pertamina juga mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM dan elpiji menjelang Lebaran atau Idulfitri 1435 Hijriah sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir dengan ketersediaan pasokan.

Pertaminan akan meningkatkan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait dalam rangka turut membantu kelancaran operasional mobil tangki pada masa Lebaran.

"Koordinasi juga dilakukan dengan perbankan agar buka pada hari libur untuk melayani pembayaran dari pengusaha SPBU dan agen elpiji," katanya.

(I023/D007)

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014