Samarinda (ANTARA News) - Skuad Putra Samarinda menjalani latihan rutin dalam bulan puasa Ramadhan, sebagai persiapan menjelang bergulirnya kembali kompetisi Liga Super Indonesia pada Agustus 2014 mendatang.

Pelatih Pusam Nil Maizar di Samarinda, Senin, mengatakan, program latihan saat ini ditujukan untuk menjaga kondisi pemain ,kususnya dari sisi fisik, teknik dan strategi.

"Intinya sentuhan bola masing-masing pemain bisa kembali, karena kalu terlalu lama dilbur juga tidak baik untuk tim," terang Nil Maizar.

Menurut Nil dalam hitungan satu minggu hingga dua pekan kedepan progres latihan dimulai dari latihan ringan, namun menjelang libur lebaran baru intensitasnya dinaikan.

Nil berencana memasukkan agenda uji coba dalam program latihan selama bulan puasa ini, supaya ada evaluasi selama menjalani latihan di bulan puasa.

"Sayangnya saat ini susah untuk mencari lawan tanding, karena tim lokal di Samarinda pastinya juga meliburkan diri," tutur Nil.

Sebagai antisipasi, Nil akan membuat uji coba internal antar sesama pemain, ditambahan beberapa pemain U-21 Pusam yang masih bertahan di Samarinda.

"Rencana sambil jalan saja, kalau memang ada lawan maka kita masukan program, dan sebaliknya bila tidak ada maka akan kita buat game di internal saja," ungkapnya.

Dalam latihan kemarin, tidak diikuti Bayu Gatra, Aldaier Makatindu dan Lerby Eliandri. Ketiganya bergabung dalam pemusatan latihan Timnas U-23 untuk persiapan uji coba ke Italia.

Sementara itu, Manajer Pusam Coeng Agus Setiawan, tes fisik dilakukan untuk melihat apakah pemain menjalankan program yang diberikan pelatih.

Setelah kondisi fisik diketahui, maka pelatih bisa menyusun program apa yang bisa diterapkan.

"Dari hasil tes, pelatih jadi tahu program seperti apa yang harus diberikan berdasarkan hasil tes," tegasnya.

(KR-RMT/M009)

Pewarta: Arumanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014