Saya benar-benar kagum atas kegigihan dan keteguhan Pak Sofyan (Dirut BRI) dalam mengusahakan kembalinya asset negara yang dikuasai pihak lain, dalam hal ini kelompok Mulia."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan memuji Direksi PT Bankk BRI Tbk yang berhasil mengambilalih Gedung BRI II dari PT Mulia Persada Pacific (MPPC).

"Saya sangat menghargai Direksi BRI di bawah pimpinan Dirut BRI Sofyan Basyir yang dalam tiga tahun ini terus berjuang untuk mendapatkan kembali gedung megah itu," kata Dahlan, di Jakarta, Selasa.

Pada Selasa (8/7), sekitar pukul 15:00 WIB Gedung Mulia Tower yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 44-46, Jakarta Pusat, kawasan Semanggi tersebut resmi disita Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Penyitaan berlangsung sukses berkat bantuan lebih dari 300 anggota Polri yang dibantu oleh anggota TNI.

"Manajemen BRI sudah beberapa kali ingin melaksanakan putusan final pengadilan yang menyatakan gedung pencakar langit tersebut sah milik BRI. Namun usaha itu selalu gagal. Sekarang baru berhasil sepenuhnya dikuasai BRI," ujar Dahlan.

Saat panitera pengadilan akan melaksanakan eksekusi sempat terjadi usaha untuk mempertahankan gedung Grup Mulia itu, namun Polri berhasil membuat mereka menyerah dan meninggalkan gedung tersebut.

Dengan demikian BRI kini sepenuhnya memiliki dua tower yang berada di satu lokasi.

"Saya benar-benar kagum atas kegigihan dan keteguhan Pak Sofyan (Dirut BRI) dalam mengusahakan kembalinya asset negara yang dikuasai pihak lain, dalam hal ini kelompok Mulia," kata Dahlan.

Bank BRI dan unit usaha yakni Dana Pensiun BRI memenangkan putusan Kejaksaan Agung dalam melawan PT MPPC yang diumumkan melalui salah satu media nasional bahwa permohonan Peninjauan Kembali perkara Build, Operate, Transfer (BOT) antara BRI dan Dapen BRI melawan MPPC yang terdaftar dalam register perkara No 247/PK/PDT/2013 di Mahkamah Agung telah diputus pada 24 Juli 2013.

Dalam amar putusan itu, majelis hakim agung memutuskan menghukum MPPC menyerahkan gedung BRI II, Gedung Parkir dengan seluruh fasilitas yang ada beserta hak pengelolaannya kepada BRI melalui Dapen BRI. (R017/R010)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014