Biak (ANTARA News)  - Warga Kabupaten Biak Numfor, Papua, Rabu pagi pukul 07.00 hingga 13.00 menyalurkan hak pilih pada pemilihan presiden (pilpres) 9 Juli 2014 di 249 tempat pemungutan suara (TPS).

Dari Biak wartawan ANTARA melaporkan, hingga pukul 06.00 waktu setempat sebagian besar tempat pemungutan suara (TPS) pilpres telah siap melayani warga yang ingin menyalurkan hak suara pemilihan presiden serentak berlangsung 9 Juli 2014. Di Biak terdaftar 92.986  pemilih.

Seperti di lokasi TPS 2 Kampung Sorido Distrik. Biak Kota petugas penyelenggara pilpres menyiapkan satu tenda tempat pemungutan suara untuk pemilih di lingkungan perumahan nasional (Perumnas) desa Sorido.

Tempat lain TPS 12 Kelurahan Fandoi juga menyiapkan tempat warga menyalurkan hak pilih pilpres di areal pasar lama Jalan Selat Makassar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jekson Maryen mengimbau warga Biak Numfor dapat menggunakan hak pilih pilpres untuk memilih pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014-2019.

"Gunakan hak suara pilpres secara langsung dan demokrasi pada lokasi TPS di lingkungan tempat tinggal warga," imbuh Ketua KPU Jekson Maryen.

Ia mengakui jika warga Biak Numfor belum terdaftar dalam data pemilih tetap tetapi tinggal di lokasi TPS bersangkutan dapat menggunakan kartu tanda penduduk atau identitas sah kependudukan lain untuk memilih.

"Hanya saja untuk pelayanan warga yang menggunakan KTP dilayani petugas pada satu jam terakhir guna melihat ketersediaan surat suara pilpres di TPS setempat," ungkap Jekson.

Hingga pukul 06.30 waktu setempat situasi kamtibmas kota Biak sekitarnya berlangsung kondusif dimana kegiatan warga berjalan normal meski masih sepi karena bertepatan dengan laga piala dunia berhadapan Brazil versus Jerman pada Rabu pagi.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014