Kita patut berbangga bahwa sampai saat ini pemilu dapat kita laksanakan secara tertib, aman, dan lancar. Semua ini tidak terlepas dari peran para kapolda, kapolres, pangdam, maupun unsur-unsur aparat keamanan lainnya
Jakarta(ANTARA News) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) melaporkan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Djoko Suyanto mengenai kondisi keamanan terkini pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 di seluruh daerah di Indonesia.

"Hari ini bapak Menkopolhukam hadir di tengah kita untuk mendengar langsung beberapa informasi dari daerah baik di polres maupun polda mengenai kondisi terkini terkait pelaksanaan Pilpres 2014," kata Kapolri Jenderal Polisi Sutarman di Jakarta, Rabu.

Kapolri menyampaikan bahwa Kepolisian telah melakukan pemantauan dan pengamanan di tempat-tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh daerah di Indonesia.

"Kami melakukan pengamanan berlapis di lapangan. Di TPS-TPS pada prinsipnya tidak ada masalah, khususnya di Jakarta. Pengamanan di TPS-TPS ada patroli dalam jumlah kecil maupun menengah," ujarnya.

Sutarman menyebutkan beberapa kendala yang sempat muncul dalam pelaksanaan pilpres di beberapa daerah, salah satunya kendala distribusi logistik pemilu yang terjadi di tujuh titik di Kabupaten Yahukimo, Papua.

"Sampai saat ini masih dilakukan upaya distribusi menggunakan pesawat apabila cuacanya memungkinkan," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, beberapa kapolda atau perwakilannya melaporkan kondisi keamanan terkini selama pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara untuk Pilpres 2014 di daerahnya masing-masing kepada Kapolri dan Menkopolhukam Djoko Suyanto melalui teleconference, di antaranya dari Aceh, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Selatan, dan Maluku.

Para kapolda atau perwakilannya itu memaparkan beberapa masalah atau kendala yang sempat muncul serta langkah-langkah yang diambil untuk mengatasinya.

Namun, Kapolri mengatakan secara keseluruhan, proses pemungutan suara di seluruh daerah di Indonesia dapat berjalan dengan lancar, aman, dan tertib.

Menanggapi hal tersebut, Menkopolhukam Djoko Suyanto menyatakan penghargaan kepada seluruh aparat keamanan yang telah bertugas mengamankan jalannya Pilpres 2014.

"Kita patut berbangga bahwa sampai saat ini pemilu dapat kita laksanakan secara tertib, aman, dan lancar. Semua ini tidak terlepas dari peran para kapolda, kapolres, pangdam, maupun unsur-unsur aparat keamanan lainnya," kata dia.

Ia juga mengapresiasi sebagian besar masyarakat Indonesia yang dinilai tidak terpengaruh adanya kampanye, artikel, dan pemberitaan yang menegangkan dan "bertemperatur tinggi".

"Syukurlah masyarakat kita bisa melihat dengan kaca mata yang sangat jernih. Maka bisa disampaikan penghargaan terhadap rakyat Indonesia yang bisa memilah hal yang baik dan yang buruk dan telah datang ke TPS," katanya.
(Y012)

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014