Saya sudah berkeliling memantau seluruh wilayah di Jakarta aman tidak ada keributan,"
Jakarta (ANTARA News) -. Pihak Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) mengklaim pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 tidak muncul gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Saya sudah berkeliling memantau seluruh wilayah di Jakarta aman tidak ada keributan," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Dwi Priyatno di Jakarta, Rabu.

Dwi juga mengaku mendapatkan laporan dari seluruh pimpinan Polres terkait situasi keamanan di wilayah cukup kondusif.

Pada satu kesempatan, jenderal polisi bintang dua itu memantau wilayah Bekasi (Jawa Barat), Jakarta Utara, Jakarta Timur hingga Depok dan Tangerang.

Bahkan mantan Kapolda Jawa Tengah itu memantau langsung antusias masyarakat terlibat pesta demokrasi lima tahunan tersebut pada sejumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Dwi juga mendapatkan laporan petugas kepolisian mengambil langkah preventif dengan mencegah pendukung salah satu pasangan calon presiden-wakil presiden melakukan kegiatan di sekitar Bundaran Hotel Indonesia Jakarta Pusat.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto menambahkan ada beberapa aksi salah paham pada beberapa TPS seperti di Kalibata City, Jakarta Selatan.

Rikwanto menyebutkan sejumlah orang tidak dapat menggunakan hak pilih karena tidak termasuk daftar pemilih tetap (DPT) di TPS tersebut.

"Mereka tidak memegang formulir karena terdaftarnya di kampung sendiri tidak di TPS ini," ujar Rikwanto.

Meski masyarakat sempat memblokir jalan, namun petugas kepolisian dan panitia pemungutan suara bersama masyarakat memilih dengan surat suara yang tersisa dan mengatasi masalah tanpa keributan.

(T014/I007)

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014